Ada Apa dengan Headband LeBron James?

BY sball

30/09/2015

pemain basket terkenal | LeBron James
LA-Streetball.com - Beberapa pemain bola basket NBA memiliki penampilan khasnya tersendiri. Misalkan, Joakim Noah (Chicago Bulls) terlihat lain daripada yang lain berkat rambut gondrongnya yang dikuncir. Atau dulu ketika Hakeem Olajuwon (legenda Houston Rockets) dan Kareem Abdul-Jabbar (legenda LA Lakers) tampil cukup nyentrik dengan kacamatanya. Begitu pun dengan LeBron James, yang cukup identik dengan penggunaan headband dan arm sleeve.

Nah, ada yang menarik tentang LeBron dengan dua aksesoris basket khasnya tersebut. Sebuah statistik menunjukkan, kemampuan forward Cleveland Cavaliers tersebut menurun saat ia tidak mengenakan headband dan arm sleeve kala bertanding. Pada musim lalu, tepatnya di beberapa bulan menjelang kompetisi berakhir, memang LeBron tampak tidak mengenakan headbandnya lagi. Bahkan ia beberapa kali juga tidak mengenakan arm sleeve, yang biasa ia kenakan di salah satu lengannya.

Statistik LeBron James dengan atau tanpa headband

Terlihat, ketika LeBron mengenakan lengkap headband dan armsleeve, ia memperoleh torehan persentase yang lebih baik yakni 49,3% untuk field goal, 38,7% untuk three point, dan 72,8 untuk free throw. Sedangkan titik terendah ia dapat saat ia tidak mengenakan kedua aksesorisnya tersebut, yakni 39,5% untuk field goal, 13,6% untuk three point, dan 78,6% untuk free throw. Puncaknya mungkin terjadi saat di NBA Final lalu, ketika akhirnya Cavaliers harus takluk oleh Golden State Warriors. Saat itu LeBron hanya mengenakan arm sleeve saja, tanpa headband.

Entah apakah memang benar ada pengaruh nyata atas penggunaan headband dan arm sleeve terhadap performa LeBron. Statistik di atas jelas dibuat dari sudut pandang lain semata, dan tidak melulu bisa dijadikan patokan. LeBron James tetaplah seorang profesional dengan bakat luar biasa. Tentunya, ia tetap mampu bermain baik dengan atau tanpa penggunaan headband dan arm sleeve. Kita tunggu dan lihat saja, apakah di musim baru ini LeBron akan kembali menanggalkan headband dan arm sleevenya? (RAI)




Baca juga: Arm Sleeve on Basketball
                Inhibiting Short Sleeve Jersey

SHARE
SHARE:
1417
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...