Adidas Pernah Tolak Michael Jordan

BY sball

13/04/2015

berita basket | Michael Jordan
LA-Streetball.com - Baru-baru ini produsen apparel Adidas mengumumkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan kerjasama dengan NBA, yang akan berakhir pada tahun 2017 mendatang. Adidas menyatakan keuntungan yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, perusahaan apparel asal Jerman tersebut juga kalah populer dibandingkan Nike dan Under Armour, di pasaran Amerika Serikat di tahun 2014 lalu.

Namun, ada satu penyesalan besar yang mungkin dirasakan Adidas saat ini... mereka melewatkan kesempatan meng-endorse Michael Jordan di tahun 1984. Saat itu, Jordan muda baru bergabung ke NBA untuk pertama kalinya sebagai pemain profesional. Awalnya, pihak distributor Adidas berniat untuk memberikan penawaran kontrak dengan Jordan, hingga akhirnya salah seorang eksekutif Adidas di Jerman membatalkan hal itu.

"Tidak, kami bersikeras bahwa kami tidak akan meng-endorse pemain bola basket dengan tinggi kurang dari 7 feet," kata seorang eksekutif Adidas tersebut.

Ya, penghalang terjadinya negosiasi hanyalah tinggi badan pebasket saja. Michael Jordan yang "hanya" setinggi 6 feet 6 inch (198 cm) dianggap tidak masuk ke dalam kriteria Adidas. Sebelumnya, Adidas telah mengendorse legenda LA Lakers, Kareem Abdul Jabbar, seorang bigman yang memang memiliki tinggi badan raksasa, 7 feet 2 inch alias 218 cm.

Alangkah beruntungnya Nike yang akhirnya mendapat tanda tangan seorang Jordan. Nama Jordan di dunia basket sangat besar hingga kini, bahkan mengalahkan Kareem Abdul Jabbar sendiri. Brand Jordan begitu mendunia selayaknya Muhammad Ali di dunia tinju, ataupun Diego Maradona di sepakbola. Jordan pun memiliki apparel sendiri yang merupakan turunan dari brand Nike, yakni Air Jordan.

Tak hanya itu, Michael Jordan juga baru saja dinobatkan sebagai atlet pensiunan dengan penghasilan tertinggi di tahun 2014, mengalahkan ikon sepakbola yang kebetulan di-endorse oleh Adidas, yakni David Beckham. Pemasukan Jordan di tahun lalu adalah sebesar 100 juta dollar atau setara dengan 1,29 T. Sedangkan Beckham berpenghasilan 75 juta dollar.

Jadi, sudah pasti Adidas menyesali keputusan "melewatkan" tanda tangan Michael Jordan hingga kini.

Berikut adalah chart sepatu basket yang paling banyak dipakai oleh pemain NBA di musim 2014/15:



(RAI)

Baca juga: Adidas Tak Perpanjang Kontrak dengan NBA

SHARE
SHARE:
2006
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...