Another Exercises to Jump Higher

BY Webstylers

23/08/2013



Untuk melakukan slam dunk yang keren, tentunya para ballers perlu memiliki lompatan yang tinggi. Selain dengan melakukan latihan plyometrics, ada beberapa rangkaian latihan lainnya yang bisa loe lakukan untuk melatih aktivitas otot kaki seperti, otot paha depan, glutes dan paha belakang agar lebih terkoordinasi. Alhasil, nggak cuman lompatan tinggi saja yang bisa loe dapatkan, loe pun juga bisa terhindar dari beberapa cedera. Apa saja bentuk latihan tersebut? Well, here they are, Ballers:

1. Glutes Bridge

Bentuk latihan ini sangat baik dilakukan untuk memperkuat otot glutes dan paha belakang bila dilakukan secara rutin. Tujuan dari latihan ini adalah supaya saat loe melakukan lompatan, otot pada bagian paha belakang dan glutes bisa bekerja dengan baik sehingga bisa menghasilkan lompatan yang tinggi. Untuk melakukan latihan tersebut, caranya terbilang mudah. Cukup dengan merebahkan tubuh dengan posisi telentang, buka tangan ke samping, tekuk kedua kaki hingga pinggul terangkat. Lalu, tahan selama dua sampai tiga detik dan ulangi sebanyak 15 kali.

 2.      Squat

Gerakan pada latihan ini sangat baik untuk menunjang fungsional dari latihan melompat lainnya. Namun, bila loe seorang pemula, jangan gunakan beban dalam latihan ini. Cukup dengan menggunakan berat badan loe untuk mengaktifkan bagian otot pada betis loe seperti otot-otot gastrocnemius. Otot ini menempel pada bagian tulang paha hingga ke bagian bawah belakang kaki dan menempel pada tendon Achilles. Gerakannya pun sangat sederhana yaitu, dengan berjongkok lalu berdiri dengan tangan di pinggul.

3.      Squat Jump

Selain latihan squat sederhana di atas, loe juga bisa melakukan squat Jump. Latihan ini merupakan versi lanjutan dari latihan squat yang sangat baik untuk otot betis loe. Caranya, berjongkoklah hingga posisi squat, tekan ujung kaki loe dan doronglah tubuh loe setingginya. Saat turun, segera tekuk lutut untuk kembali ke posisi squat dan lompatlah lagi.

 

4.      Rotating Side Lunge

Latihan ini bisa melatih otot glutes, quads, hamstring dan paha luar sehingga bisa memperkuat dan mempertinggi lompatan loe. Caranya adalah berdiri dengan kaki selebar pinggul, luruskan lengan sejajar dada dengan tangan tergenggam. Lalu, putar tubuh bagian atas ke arah kiri. Tekuk lutut kiri loe dan turunkan pinggul loe. Setelah itu, tekan kembali kaki kiri loe untuk kembali ke posisi awal. Lakukan selama beberapa menit dan gantilah dengan sisi lainnya.

 

Nah, supaya lompatan loe semakin lebih tinggi, ada baiknya juga di kombinasikan dengan beberapa latihan plyometrics. So, bagaimana Ballers, are you ready to shine on Play Off Stage? Here is your chance to keep practice and get prepare! Good luck, Ballers!

SHARE
SHARE:
939
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...