Apa Kunci Warriors Jadi Juara NBA?

BY sball

13/08/2015

berita basket | Steve Kerr
LA-Streetball.com - Untuk kali pertama dalam kurun waktu 40 tahun, Golden State Warriors berhasil menjadi juara NBA pada musim lalu, setelah mengalahkan Cleveland Cavaliers di babak final. Apa kunci atau rahasia sukses Golden State Warriors mendapatkan titel championship? Jika ditelusuri secara general, maka ada dua perubahan mendasar yang dibawa oleh pelatih Steve Kerr kepada Stephen Curry cs.

Pertama, Kerr yang berstatus pelatih anyar setelah menggantikan posisi Mark Jackson pada awal musim 2014, memerintahkan timnya untuk melakukan lebih banyak passing. Kerr memanfaatkan sumber daya manusia yang dimilikinya berupa swingman-swingman andal dalam diri Andre Iguodala (small forward) dan Klay Thompson (shooting guard) untuk melakukan tembakan three point maupun tembakan off the dribble.

Khusus nama yang disebutkan terakhir, cukup beruntung Kerr memiliki Thompson dan Curry karena kedua orang ini sangat andal melakukan three point shot. Nantinya, tembakan tiga angka ini digunakan saat sebagai senjata saat tim melakukan turnover. Ya, perubahan mendasar yang kedua adalah pertahanan kuat Warriors. Pada musim ini, Warriors tercatat banyak menghasilkan turnover saat defense. Masa transisi dari bertahan ke menyerang inilah yang dimanfaatkan Kerr dalam mencetak angka, sebab Warriors memiliki banyak pemain dengan kemampuan shooting baik.

Kerr tahu benar cara memanfaatkan potensi para pemainnya. Jauh dari kesan memaksakan, namun hanya mengkondisikan yang tersedia. "Di tim ini, kami tidak memiliki pemain bola basket seperti Kareem (Abdul-Jabbar) atau Hakeem Olajuwon yang dapat melempar bola ke dalam dengan half court setting. Oleh karenanya, alangkah jauh lebih baik bila kita bermain dengan memanfaatkan kecepatan pemain yang kita miliki," kata Kerr.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga menggarisbawahi pentingnya pertahanan. "Selama semusim penuh, kami adalah tim nomor satu dalam hal defensive efficiency. Dan jika kami bisa memainkan pertahanan yang baik dan solid, maka ini akan terhubung menjadi sebuah serangan yang cepat, dan kami menyukai hal itu. Itulah gaya kami. Dan di masa lalu, banyak tim yang sukses dengan cara tersebut." (RAI)



Baca juga: Kebangkitan Warriors!
                Warriors is a Champion!

SHARE
SHARE:
896
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...