APA YANG SEBENARNYA TERJADI DENGAN AND1? (PART 1)

BY sball

05/05/2019

LA-Streetball.com – Kita semua sebagai streetballer pasti sangat penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi sama AND1. Brand yang sudah besar bareng sama kebanyakan dari kita saat revolusi basket jalanan di tahun 2000-an. Mixtape Tour, Skip To My Lou, The Main Event, Half Man Half amazing, Shane The Dribbling Machine, Flash, AO, dang masih banyak yang lainnya adalah kata kunci dari perkembangan basket jalanan tersebut.

 

Source: https://www.si.com

 

AND1 dimulai pada tahun 1993, saat Joey Coen Gilbert, Seth Berger, dan Tom Austin membuat project partnership setelah mereka lulus dari University of Pennsylvania - Wharton School.

Nama “AND1” sendiri berasal dari ungkapan di bola basket yang terjadi ketika seorang pemain melakukan tembakan dan dilanggar oleh pemain lawan dan bola tersebut masuk. AND1 dikenal karena slogan-slogan di T-Shirt mereka yang berbunyi trash talk. Seperti contohnya “Pass. Save Yourself The Embarrassment”. Slogan-slogan ini kena banget sepertinya sama pemain basket jalanan yang menganggap dirinya paling jago di lapangan.

Pada pertengahan 1996, Bintang NBA Stephon Marbury menjadi ambassador pertama AND1. Dengan bergabungnya Marbury, AND1 pun merilis sepatu basket pertamanya dan secara resmi expand brand ini ke kategori footwear.

Awal mula AND1 dikenal adalah ketika video Rafer Alston yang kala itu bermain untuk Fresno State diberikan ke Seth Berger oleh Marquise Kelly (Pelatih Benjamin Cardozo HS) dari Queens, New York. Di video yang sebenernya ga jelas (Low resolution) menunjukkan kebolehan Rafer Alston dalam bermain basket. Skill yang ditunjukkan oleh Rafer emang keliatan “Baru” untuk dunia basket, karena gaya fancy saat dribble, passing, dan scoring saat itu gak seperti sekarang. Video tersebut pun akhirnya dikenal dengan “Skip Tape”. Rafer Alston atau Skip To My Lou kemudian masuk ke NBA Draft di tahun 1998.

 

Source: Jimmy Franke Youtube Channel

 

Beberapa tahun kemudian, AND1 mulai expand ke banyak bintang NBA, seperti Latrell Sprewel, Kevin Garnett, dan Jamal Crawford. Sampai pada NBA dunk contest tahun 2000, Saat AND1 Tai Chi putih merah dipakai oleh Vince Carter dalam salah satu penampilan dunk contest terbaik sepanjang masa.

 

Source: RicardoPunnjo Youtube Channel

 

Lalu apa yang terjadi dengan AND1 selanjutnya? Tungguin di artikel berikutnya ballers!

 

(Bersambung)

APA YANG SEBENARNYA TERJADI DENGAN AND1? (PART. 2)

SHARE
SHARE:
736
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...