APAKAH INI AKHIR DARI POLA BASKET DEFENSE?

BY sball

10/05/2017

 

LA-Streetball.com - Defense wins championship atau basic of basketball is defense. Mungkin phrase itu udah sering banget kita dengar. Dari dua phrase tersebut dapat kita artikan kalo tim yang defensenya lebih unggul memiliki kemungkinan lebih besar untuk memenangkan game baik di musim regular ataupun bahkan playoffs.

Mungkin ada benarnya, tapi offense juga bisa wins a championship. Itu masalahnya! Hehe. Kalo dilihat dari 10 tahun kebelangan yang menjuarai NBA justru tim-tim yang diluar dari top ten defensive rating atau DRTG dan hanya satu tim yang bisa menjuarai season sedangkan dia berada di luar tadi top ten offensive rating atau ORTG, selebihnya merekalah yang menguasai top ten ORTG.

Menurut data 2 tahun terakhir average dari ORTG naik menjadi 2.4 point per 100 possesion. 7 dari 8 tim yang tampil di playoffs berada di top 10 ORTG. Melihat data inikan berarti justru tim yang offensenya kuat yang mendominasi liga.

Kalo kita liat dari Warriors, tim ini emang punya data yang hampir sempurna. Untuk musim ini Warriors berada di posisi 2 DRTG dan posisi 1 ORTG. Cukup bisa menggambarkan dominasinya. Tapi kalau kita liat Houston Rockets dan Cleveland Cavaliers, dua tim ini ada di peringkat ke 2 ORTG juga tapi berada di peringkat 18 dan 21 untuk DRTG. Mereka seakan selalu punya cara untuk buat offense mreka unguardable.

Kalo ngeliat cara bermain Harden, dia selalu punya cara nembus isolation tim lawan. Buat gue aliran bola Harden sangat-sangat magic. Butuh center defender yang pinter dan jenius untuk bisa baca alur bola dari Harden. Dalam arti kata, defender terbaikpun masih bisa ditembus dengan determinasi yang eksplosif dari lawan.

Nggak jauh beda halnya dengan Lebron James. Kita semua tau dia pemain offense yang nggak diragukan lagi. Tapi kita abaikan deh superioritasnya king james karenai permainannya agak berubah di tahun ini. Kali ini dia nggak berada di pain area sendiri. Tapi udah ditemenin sama shooter-shooter yang siap di wing. Itu membuat pemainan atau offense dari Cavs lebih punya option dan nggak terbendung, meskipun mereka punya catatan kurang oke di defense.

Apakah ini artinya filosofi basket defense sudah nggak kepake di pola permianan basket modern ini? Apakah justru filosofi sepak bola seperti menyerang adalah defense terbaik justru sedang melanda tim-tim modern?  

SHARE
447
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...