BADAN PENDEK JUGA BISA MAIN DI NBA!

BY sball

10/02/2017

LA-Streetball.com - Main basket emang identik sama badan yang tinggi. Buat lo yang punya badan kecil pasti pernah ngalamin punya rasa nggak pede pas ngadepin pemain-pemain yang badannya jauh lebih tinggi dan besar dari lo. Tapi apa olahraga basket cuma buat mereka yang tinggi? Kalo menurut gue sih statement itu agak salah ya, kenapa salah ?  karena faktanya banyak banget bintang basket di NBA yang memiliki badan yang kecil justru jadi superstar, salah satunya Nate Robinson , Nate Robinson dengan tinggi kurang dari 175 cm bisa jadi bintang NBA bahkan dia sempet menjadi 2 kali juara slam dunk kontes, selain Nate Robinson didalam sejarah NBA pernah mencatat pemain paling mungil dengan tinggi Cuma 160cm yaitu Muggsy Bogues, Muggsy Bogues dengan tinggi 160 cm sempat menjadi andelan team-nya di Denver Nuggets dan Bogues pun bisa bertahan dan tetap compete dengan pemain lain di NBA.  

Kalau dengan punya pemain kecil tidak menguntungkan team, kayanya agak mustahil sekarang ini masih banyak pemain-pemain dengan postur yang dibawah rata-rata dan masih dipertahankan oleh team – team di NBA.

Kalau kita bahas pemain mungil di era sekarang ini pastinya kita gak mungkin kalo gak bahas pemain yang bernama Isaiah Thomas a.k.a king of fourth, dengan postur-nya yang kecil tapi statistik yang dibuat oleh IT disetiap game-nya cukup fenomenal dan sering mencetak triple double disetiap game-nya.

Gue tau lo terlahir bukan sebagai Nate Robinson atau Isaiah Thomas , tapi kalo lo terlahir dengan postur yang pendek paling nggak lo punya nasib yang sama kayak mereka, dan harusnya sih bukan jadi penghalang lo buat main basket. Kalo postur lo pendek, ini yang harus lo lakukan dalam bermain basket.

Faster Than They Are

Pemain bertubuh kecil  harus punya kaki yang mampu bergerak cepat dan fleksibel. Nate pernah ngomong “ pemain kecil pasti akan bekerja lebih keras dibanding pemain besar. Kita harus bekerja lebih keras”. Karena biar gimanapun pemain kecil pasti harus mengeluarkan ekstra tenaga dibanding yang lain, bukan sekedar cepet, tapi yang penting lo harus punya tenaga yang cukup buat nunjukin itu disepanjang pertandingan , nafas lo juga harus panjang atau fisik yang mumpuni, kalo nggak yah jelas lo akan kalah sama pemain-pemain lain.

Abs Itu Penting

Dengan otot kaki yang kuat, lo akan kuat untuk melompat setinggi apapun yang lo mau. Body balance lo juga akan makin gokil buat lo bergerak kiri dan kanan saat ingin drive masuk ke dalam key hole lawan, dan yang gak kalah penting lo harus pede sama kekuatan lo karena itu bisa mendukung pergerakan lo pas game.

Fokus Sama Diri Lo Dulu Aja

Jadiin kekurangan lo menjadi kelebihan lo, jadi orang yang paling aktif di lapangan. Dalam game pasti ada aja yang bikin lo down, tapi yah nggak harus jadi down, enjoying the game is the key,  kalo menurut Nate Robinson “Always think positive about yourself knowing that if the next person is not going to believe in me I'm going to believe in myself. I'm not going to listen to somebody who’d tell me if I can or I can't. I'm going to make sure I do it for myself. I just focus on me.” Dengan gitu lo jadi tau tujuan lo.

Berjiwa Besar

Kalo postur lo nggak sebesar yang lain, pastiin hati lo lebih besar dari mereka. Dengan begitu lo akan menikmati pertandingan. Nggak usah peduli orang ngomong apa atau jadiin kritikan orang sebagai motivasi buat lo jadi jauh lebih baik ! Yang bisa bikin lo tambah jago itu Cuma diri lo sendiri, dengan hati yang besar. Enjoy the game!

 

 

Photo: nba.com

SHARE
614
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...