Barkley, Moses Malone dan Pizza

BY sball

23/09/2015

pemain basket terkenal | Charles Barkley dan Moses Malone
LA-Streetball.com - Moses Malone sudah tiada, namun segala kenangan tentangnya tak pernah hilang di benak orang-orang terdekatnya, termasuk Charles Barkley. Pada upacara pemakaman Malone, Sabtu (19/09), Barkley diberi kesempatan untuk melakukan speech atau pidato penghormatan terhadap mendiang mantan pemain bola basket Philadelphia 76ers tersebut. Barkley mengungkapkan bahwa Malone sudah ia anggap seperti Ayahnya sendiri.

Hal ini mulanya terjadi ketika Barkley yang masih berstatus rookie, bergabung dengan Sixers pada tahun 1984. Di sana ia melihat banyak pemain senior yang membuatnya merasa canggung dan tidak nyaman. "Tetapi saat itu ada satu orang pemain di antara para pemain senior tersebut, yang hingga hari ini, saya tidak pernah mengerti mengapa mau melindungi diri saya. Dan orang itu adalah Moses (Malone). Ia memperlakukan saya seperti anaknya sendiri," kata Barkley yang berusia 8 tahun lebih muda dari Malone. Sejak saat itu, praktis Malone menjadi mentor bagi Barkley.

Ada kisah lucu saat dulu Barkley dan Malone tinggal beredekatan di gedung apartemen yang sama. Suatu hari, Barkley memesan pizza, namun beberapa saat kemudian ada seseorang yang mengetuk pintu kamar apartemennya. Orang tersebut adalah Malone. "Kemudian Big Mo (panggilan akrab Malone) berkata, 'Pasti kamu menyimpan pizza di sini, deh.' Dan saya terkejut, 'Bagaimana kamu tahu saya menyimpan pizza di sini?' Kemudian ia membalasnya, 'Charles, kamu tidak akan mampu mengurangi berat badan dengan memakan pizza,'" kisah Barkley.

Malone juga dikenal sebagai sosok yang menyenangkan sekaligus humoris. Suatu saat, Barkley yang tengah mengalami kesulitan meminta nasihat kepada Malone. Namun apa yang ia dapatkan? "Ia (Malone) berkata, 'Well kawan kecilku, kamu itu gemuk dan pemalas,'" kisah Barkley sambil tersenyum.

Namun, ada satu hal yang akan selalu membekas di hati Barkley tentang Malone. Yakni caranya menjalani hidup. Pernah di suatu waktu Barkley bertanya kepada Malone apakah pencapaian terbesar dalam hidupnya, apakah menjuarai back-to-back saat di kompetisi universitas, atau gelar championship di NBA. Lalu apa jawab Malone?

"Oh, bung, itu hanyalah basket. Satu-satunya hal yang terpenting dalam hidup saya adalah bisa membahagiakan Ayah saya. Saya tidak peduli dengan semua (gelar) itu. Hey, memang terasa hebat bisa melakukan banyak hal di olahraga basket. Tetapi, tetap prioritas utama yang harus seseorang lakukan adalah membahagiakan Ayahnya," kata Barkley menirukan pernyataan Malone. (RAI)




Baca juga: Legenda Sixers Tutup Usia
                Horry: Charles Barkley Pemalas!

SHARE
SHARE:
820
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...