BASKET JADI POLITIK PALING AMPUH DI LEBANON

BY sball

23/02/2018

 

LA-Streetball.com - Kalau ada yang bilang bola basket adalah olahraga milik orang Amerika! Mungkin perlu kita koreksi. Ada sebuah negara di darata timur tengah yang sudah berjanji memberikan seluruh hidup mati mereka untuk basket, itu lah Lebanon. Mungkin jarang yang tau kalo di Beirut (ibu kota Lebanon) olahraga basket adalah olahraga utama. Lo bisa temuin semua lapangan basket penuh oleh orang-orang bermain basket dari muda sampai dewasa.

FLB alias Lebanese Basketball League adalah nama liga yanga ada di negara tersebut dan surprisingly udah ada dari sekitaran tahun 50an. Meskipun saat itu belum bernama FLB tapi liga professional resmi digelar setelah usai perang dunia kedua.

 

Source: Image

Sejak saat itu scene basket di Lebanon sangat jalan. Basket jadi mimpi dan harapan banyak orang di sana. Ada 10 tim yang mengikuti kompetisi tersebut. Kalo lo pikir di sana isinya cuma orang-orang asli, lo salah besar baller! Banyak banget pemain Amerika yang rebutan untuk main disana karena bayaran yang cukup besar.

Mungkin kita sering denger kalo Lebanon emang negara yang punya iklam politik yang tinggi. Dan entah ini baik atau buruk tapi basket adalah media untuk para politikus berpolitik. Para politik sering menggunakan tim-tim besar di sana untuk meraih simpati rakyat Lebanon yang terkenal loyal dengan basket.

Gimana nggak, di sana perkelahian antar supporter udah nggak eneh lagi karena tingkat fanatisme yang sangat tinggi. Sering banget pertandingan terhentik karena perkelahian antar supporter. Selain karena fanatisme yang tinggi Lebanon juga pernah punya masalah perang sipil ditambah tingginya tingkat korupsi dalam segala level sehingga membuat liga tersebut berjalan kurang baik.

 

Source: Image

 

Tapi hal itu tidak membuat para pemain asing malas untuk bermain di sana. Selain karena roots bola basket yang kental, dan bayaran yang tinggi. Tapi di sana emang tingkat kompetisinya lumayan tinggi dan menantang.

Tentunya jelas bola basket di Lebanon berbeda dengan negara-negara yang kental dengan budaya basketnya. Banyak factor yang seolah menghalangi Lebanon untuk tampil ke dunia yang lebih luas dengan bola basketnya. Tapi saat basket sudah jadi darah dalam tubuh warganya. Apapun factor yang mengacaukan industry basket di sana, lapangan-lapangan akan tetap penuh dengan cinta yang nggak akan pernah berhenti buat basket.

SHARE
343
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...