BE LIKE RODMAN!

BY sball

24/02/2017

 

LA-Streetball.com - Kalo liat jaman-jaman Rodman main dulu kayaknya enak banget yah. Bola jatoh ke dia mulu. Rodman punya average rebound 13.1 per game. Sakti! Rodman emang jagonya box out. Kira-kira gimana yah tipsnya biar punya rebound bagus kayak dia!

Yang paling penting untuk bisa dapetin rebound itu ada 3 yaitu knowledge, skill, determination.

  • Knowledge

Rebounder yang bagus tuh harus punya reading the game yang baik. Gak gampang emang, karena pemain NBA pun yang bermain 82 kali tiap musim, selalu dijejali dengan skill ini tiap hari dengan coach mereka. Mereka harus bisa baca siapa pemain yang akan melakukan shoot, kapan dan dari arah mana. Tapi agak susah sih emang buat kita yang jarang ngeliat lawan kita main. Kalo pemain NBA sih tinggal liat rekaman pertandingannya aja. Tapi yang paling penting lagi dari semuanya adalah lo harus tau kira-kira arah bola bakal kemana. Statistik menunjukkan shot yang datang dari wing berarti arah bola akan kembali kearah shooter. Cuma 20% kemungkinan bola akan jatuh ke arah depan rim.

Kalo shot datang dari foul line, sebagai rebounder lo akan sedikit gambling, berarti kemungkinannya 60% akan jatuh ke samping dan 40 % ke depan. Good rebounder akan selalu nyimak dari mana arah bola akan datang dan harus kemana mereka berlari untuk rebound.

  • Skill

Skill buat rebound sih sebenernya simple. Cukup siapin tangan lo, box out  dan catch the ball. Kalo mau coba latihan, gini caranya!

Kadang kita terlalu lengah melihat bola sehingga tidak melihat lawan. Ketika shooter lawan sudah melepas bola dari tangannya, pilih lawan kita dan kita box out terlebih dahulu. Box out yang bagus bisa membuat lawan yang jauh lebih tinggi dari kita tidak bisa meraih rebound dengan mudah.

Cara paling gampang mendeteksi lawan berada dimana adalah dengan merentangkan dua tangan ke belakang, dari tangan tersebut kita bisa tahu lawan kita ada berada di kanan atau belakang kita.

Latihan untuk tip in, caranya adalah lompat dan sentuh ring bebeberapa kali untuk melatih lompatan dan timing. Kalo udah coba lo ajak temen lo untuk latihan duel dan timing.

Latihan berikutnya buat ngelatih tangan.
Caranya pegang bola dengan kedua tangan lo! Terus pantulin bola kea rah papan ring sekeras-kerasnya dan lompat untuk tangkap bola itu lagi. Sebanyak 3 kali dan di lemparan ke 4 coba untuk tip in masukin bola ke ring.

  • Determination

Deteminasi mensecure bola sudah pasti sangat penting. Rebut dan secure bola yang tidak masuk. Ketika defense ada sedikit tip. Ketika akan menangkap bola pastikan badan kita sudah “setengah” menghadap depan. Sehingga ketika sudah mendapat bola dan mendarat posisi badan kita sudah di posisi menyerang ke lapangan lawan.

Nah ketiga cara itu mungkin bisa lo praktekin di latihan, jadi ketika lo ada game lo udah bisa jago buat rebound. Defense – offense nggak masalah, dan lo jadi tower buat team lo!

SHARE
374
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...