Berapa Sih Gaji Wasit NBA?

BY adminnews

21/12/2016

Berapa Sih Gaji Wasit NBA?

LA-Streetball.com – Ketenaran kompetisi basket NBA disebut-sebut sedang berada di puncak. Pihak NBA memanfaatkan kondisi ini untuk lebih mengenalkan olahraga basket Amerika ke seluruh dunia. Dengan melakukan ekspansi ke Eropa, Afrika, dan Asia melalui kesepakatan sponsorship, hak siar, hingga merchandise resmi, NBA mendapatkan miliaran dollar.

Semakin tingginya popularitas NBA itu pasti menguntungkan semua pihak yang terlibat. Awal tahun ini, majalah keuangan Forbes merilis data bahwa rata-rata klub NBA berharga sekitar 1.25 miliar dollars. Dengan harga yang besar itu, bukan hanya klub, pemain basket, dan pengurus NBA yang mendapat keuntungan besar, ternyata besarnya penghasilan NBA juga menguntungkan para wasit.

Tahun 2009, National Basketball Referees Association (NBRA) menyatakan bahwa para wasit baru NBA mendapatkan sekitar 90 ribu dollars per tahun. Sedangkan saat ini, kabar yang beredar menyebutkan penghasilan tahunan wasit NBA berkisar antara 150.000-550.000 dollars. Artinya, setiap wasit NBA mendapatkan sekitar 2.000 hingga 7.000 dollars untuk mengawasi satu pertandingan NBA pada musim reguler.

Berapa Sih Gaji Wasit NBA?

Angka tersebut tentunya bertambah pada babak-babak selanjutnya. Pada babak pertama Playoffs saja, penghasilan wasit yang bertugas bertambah lebih dari dua kali lipat menjadi 4.500 dollars. lalu di babak Finals, angka tersebut membengkak jadi hampir mencapai 25.000 dollars untuk satu pertandingan.

Penghasilan tahunan wasit NBA jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan penghasilan wasit di kompetisi basket lain. Pada kompetisi basket tingkat universitas, para wasit bisa meraup 150.000 dollars per tahunnya. Angka tersebut sama dengan penghasilan tahunan wasit baru di NBA. Sementara itu, wasit di WNBA mendapatkan penghasilan yang jauh lebih kecil. Tingkat popularitas dan keuntungan yang sama-sama rendah membuat para wasit WNBA hanya mendapatkan sekitar 16.000 dollars saja per tahun.

 

 

Photo: usatoday.net dan cdn.com

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga:

Russell The Unstoppable

Begini Cara NBA Menyambut Natal

 

SHARE
921
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...