BOROK KAMPUS PENGHASIL BINTANG BASKET

BY sball

26/10/2017

 

LA-Streetball.com - University of North Carolina dikenal emang jadi salah satu kampus yang melahirkan banyak bintang NBA. Lo sebut aja dari mulai James Worthy, Billy Cunningham  sampai Michael Jordan. Mereka selalu mengedepankan misi seimbang antara menghasilkan atlet profesional yang berkualitas dan tentunya punya basic knowledge juga pendidikan yang di atas rata-rata. Tapi ada beberapa jurnal yang justru membuka banyak fakta atau juga gosip tentang kebobrokan kampus tersebut, apa aja kira-kira?

Sistem beasiswa atlet seperti lotre

Setiap orang tentu ingin mendapatkan beasiswa dari kampus ternama tersebut. Tapi hal tersebut justru membuatnya tidak manusiawi. Mereka diforsir untuk membuktikan skill mereka tanpa ada asuransi dan gaji bagi setiap hal yang mereka lakukan untuk kampus. Bahkan ada yang memberi gambaran sistem beasiswa di sana bagaikan lotre milik Willy Wonka dalam film Charlie and the Chocolate Factory.

Kebohongan Data

Sebuah jurnal mengungkapkan kalau ada 34 mahasiswa sejak tahun 2004-2012 yang diterima oleh kampus padahal nilainya dibawah standar. Hal tersebut membawa kecurigaan adanya kecurangan dalam sistem penerimaan siswa.

Kelas Palsu

Pada Februari 2014 Kenneth L. Wainstein seorang komisaris independen melaporkan ada lebih dari 3.100 mahasiwa yang mengambil kelas palsu alias fiktif. Hal tersebut tentunya bertentangan dengan misi universitas  “our goal is to create an academic success program that is one of the best”. Denger-denger banyak mahasiswa yang mengorbankan kelas demi mengejar pertandingan, karena berkaitan dengan beasiswa mereka.

Reputasi Kampus

Dengan kemudahan mereka memberi gelar kepada atlet tentunya jadi bahan pertanyaan besar bagi kredibilitas dan reputasi kampus. Karena masih banyak yang percaya kalau tugas kampus adalah untuk mendidik mereka dari bidang akademis dan juga non akademis. Bukan justru berat sebelah.

Protes dari Alumni

Pihak sekolah sempat mengatakan kalau sistem yang diberikan oleh kampus untuk para mahasiswa hanya sebatas ingin mempermudah mereka dalam mengikuti akademik selagi mereka bertanding atau berlatih. Seperti ujian saat latihan! Mungkin beberapa penyesuaian mereka diakui kampus memang sedikit berbeda dan melanggar aturan NCAA. Para alumni menginginkan pihak kampus lebih terbuka untuk hal tersebut sehingga tidak menimbulkan spekulasi berlebihan dari pihak luar.

Respon NCAA

Selama fase penyelidikan NCAA menuduh North Carolina memiliki lima pelanggaran, termasuk kurangnya control institusi juga gagalnya memantau program akademik atlet selama bertahun-tahun.

Hal terebut justru dibalas oleh kampus kalau NCAA tidak punya hak untuk mengatur urusan akademis. Namun NCAA membalas dengan mereka memiliki yuridiksi karena jelas-jelas NCAA memiliki aturan yang bersifat resmi dan mereka telah melanggarnya.

Tuduhan baru NCAA

Belom lama ini akhirnya NCAA kembali mengeluarkan tuduhan kepada UNC,  mengenai skandal akademik yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Itu artinya UNC sudah kehilangan kredibilitas mereka sebagai sekolah yang mampu menghasilkan lulusan atlet dengan akademis yang baik.

Cerita ini cukup menjadi perbincaang di Amerika sana. Karena tentunya akan sangat berpengaruh terhadap lulusan-lulusan dari kampus tersebut. Ternyata masalah begini nggak cuma terjadi di Indonesia, bahkan di negara yan serba maju seperti Amerika.

 

 

 

 

 

 

SHARE
744
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...