Dua Orang Asia yang Pernah Juara NBA

BY sball

29/06/2015

pemain bola basket | Mengke Bateer dan Sun Yue
LA-Streetball.com - Orang boleh menyebut nama Yao Ming sebagai pebasket Asia terhebat yang pernah ada. Pemain bola basket asal Tiongkok ini memang sukses mengharumkan nama negaranya di kancah NBA selama 9 tahun, dari tahun 2002 hingga 2012. Bersama Houston Rockets, Yao menjadi ancaman tersendiri bagi lawan dengan ukuran badan raksasanya, yakni mencapai 229 cm. Pemain sekaliber Shaquille O'Neal pun mengakui bahwa Yao adalah salah satu rival terberatnya di lapangan selama masih aktif bermain.

Namun, sayangnya prestasi Yao hanya sebatas itu. Ia tidak pernah membawa timnya meraih championship. Lalu, adakah pemain Asia yang pernah mendapatkan gelar prestisius tersebut? Jawabannya, ada.

Orang pertama adalah Mengke Bateer. Berposisi sebagai center, pemain dengan tinggi 210 cm ini pernah juara championship pada tahun 2003 bersama San Antonio Spurs. Bateer yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang bukan menjadi pilihan utama, karena di posisi nomor 1 sudah ada kapten tim, David Robinson, yang berposisi sama sebagai center. Selain Spurs, Bateer juga pernah memperkuat tim-tim NBA lainnya, seperti Denver Nuggets dan Toronto Raptors. Kemudian, ada satu pemain lagi yang pernah mendapatkan gelar championship.

Ia adalah Sun Yue. Fakta yang sedikit terlupakan adalah bahwa Pria kelahiran Cangzhou (Tiongkok) 29 tahun silam ini ternyata pernah memperkuat LA Lakers pada NBA musim 2008/2009. Memang, pada kenyataannya sulit bagi Yue untuk menembus skuad utama mengingat banyaknya bintang-bintang yang bermain untuk Lakers saat itu. Apalagi, ia berposisi sebagai shooting guard, yang notabene sudah menjadi jatah sang legenda Kobe Bryant.

Saat menjalani debut, Lakers saat itu menang atas Milwaukee Bucks di mana Yue sempat bermain selama 5 menit saja, dengan mencetak 4 poin. Itu adalah pencapaian tertingginya di Lakers dan di NBA, karena di pertandingan-pertandingan berikutnya ia sangat jarang bermain dan hanya mampu mencetak 2 poin saja. Kendati demikian, nama Sun Yue tetap tertoreh dalam sejarah dunia basket sebagai pemain Asia kedua yang pernah memenangkan gelar championship.

Khusus Yue, hubungannya dengan Lakers masih terjalin baik. Bahkan ketika ia menikahi gadis cantik bernama Chen Lu pada tahun 2013 lalu, Kobe memberikan pesan lewat video yang ditayangkan tepat di perayaan pernikahan kedua sejoli tersebut. Well, you couldn't ask for anything else than having The Black Mamba's video message in your wedding, right?



(RAI)



Baca juga: Shaq Bertemu Dua 'Raskasa' Lainnya

SHARE
SHARE:
1810
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...