Dua Sisi Mata Uang Streetball (Part 1)

BY sball

31/08/2020

LA-streetball.com – Streetball atau Basket Jalanan memang identik dengan lapangan basket outdoor, pagar kawat, permainan keras, trik, dll. Meski di awal kemunculannya di New York streetball adalah bagian dari basket yang bebas dan punya identitas berbeda, tapi seiring berjalannya waktu streetball menemukan apa yang jelas membedakannya dengan basket konvensional.

 

Source: la-streetball.com 

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya ballers, bahwa saat awal tahun 2000-an meledak streetball yang diusung oleh ESPN bersama AND1 Mixtape Tournya, kala itu banyak pemain termasuk Indonesia yang terhipnotis dengan aksi-aksi memukau mereka. Kultur basket jalanan amerika begitu kental disajikan di acara yang mirip reality show tersebut. Banyak orang-orang menyebutnya masa itu adalah masa-masa indah streetball. Karena buat yang besar bareng VCD/DVD AND1, maka akan secara otomatis hafal nama-nama seperti High Octane, 50, Spyda, The Professor, AO, Main Event, hingga MC legendaris Duke Tango.

 

Source: hs3brand.com

Tapi seperti yang banyak orang tau, setiap ada kemunculan hal baru, pasti ada juga pandangan-pandangan berbeda dengan hal tersebut. Begitu pula dengan persepsi orang kepada AND1. 

AND1 untuk beberapa orang dianggap basket sirkus karena tidak mementingkan poin ke ring, beberapa orang lainnya menganggap jika trik tersebut adalah bagian penting yang membedakan basket jalanan dengan basket konvensional. Trik tersebut adalah Ruh  atau Jiwa dari basket jalanan ini. Memang pada prakteknya, trik yang dianggap “sirkus” itu adalah trik-trik yang melanggar peraturan bola basket pada umumnya ballers. Jadi memang tidak bisa di sama ratakan.

SHARE
SHARE:
358
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...