Evolusi Mixtape Basket, Dari Kaset VHS Hingga Video Viral di Internet (Part 1)

BY sball

21/08/2020

LA-Streetball.com - Buat lo yang hobi main basket, pasti tau dong tentang mixtape basket. Kumpulan video permainan terbaik yang dibuat dalam satu video ini ternyata memang sudah ada sejak dulu. Mixtape basket sejatinya berguna banget ngebantu mengekspos pemain-pemain berbakat. Kalau sekarang lo cukup cari mixtape basket di YouTube, jaman dulu mixtape masih butuh hard copy dan disebarkan secara manual loh.

Source: Visionary on Youtube

Sebelum kehadiran internet setenar sekarang, mixtape basket dibuat di kaset VHS. Kaset VHS yang ramai beredar pun biasanya berupa cuplikan pertandingan para pemain NBA yang disebarkan oleh ESPN. Tapi AND1 menjadi pionir mixtape basket para pemain jalanan. Membuat mixtape pertamanya dengan Rafer Alston, AND1 meraih kepopuleran dan melakukan tur ke berbagai kota sambil merekam pemain-pemain muda berbakat.

Source:  First Player on Youtube

Sekitar akhir tahun 1998, AND1 merilis mixtape berisi video para pemain streetball terkenal seperti Philip Champion dan Waliyy Dixon untuk mempromosikan produk-produk baru mereka. Mixtape AND1 meraih popularitas karena menghadirkan hal yang baru dan unik bagi para pecinta basket. Menampilkan pemain-pemain baru dan gaya bermain yang berbeda, serta musik hip-hop sebagai backsound video, ketenaran mixtape AND1 langsung melejit di kalangan pecinta streetball hingga beberapa tahun kemudian.

AND1 bahkan bekerjasama dengan ESPN untuk menampilkan tayangan tur mereka di program acara ‘Streetball’ yang ditayangkan di televisi. Nggak hanya itu, AND1 menginspirasi Playstation 2 dan Xbox untuk merilis video game berjudul ‘AND1 Streetball’.

Namun sayangnya kepopuleran AND1 nggak bertahan lama dan timingnya nggak sesuai dengan melejitnya platform multimedia di internet seperti YouTube maupun media sosial lainnya. AND1 hanya sempat mencicipi strategi marketing di televisi yang lambat laun makin kalah populer dengan media sosial.

SHARE
SHARE:
74
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...