GET BACK TO THE FUNDAMENTAL

BY sball

04/02/2015

LA Streetball | Get Back to the Fundamental
LA-Streetball - Dalam bidang apapun, penting bagi seseorang untuk menguasai hal mendasar terlebih dahulu, sebelum mengembangkan berbagai elemen penting lainnya. Begitupun juga dengan streetball. Basic fundamental streetball yakni basket itu sendiri. Satu hal yang perlu diingat, janganlah loe terlena berupaya menguasai ragam trik rumit yang dapat mengundang decak kagum orang lain saja. Perbaiki dan fokus terhadap fundamental basket terlebih dahulu. Itu jauh lebih penting.

Di NBA kita bisa melihat San Antonio Spurs sebagai tolak ukur bagaimana mereka menerapkan sistem bermain yang mengacu pada basic fundamental kuat. Banyak pihak menilai bahwa Gregg Popovich memiliki concern yang kuat terhadap dasar basket pada gaya permainannya. Terlihat pada permainan mereka cenderung tidak menghibur, namun tak dapat dipungkiri itu telah menjadi ciri khas kuat Spurs dalam meraih banyak prestasi di liga.

Selama kurang lebih 19 tahun menangani Spurs, Popovich berhasil menanamkan fundamental kokoh pada Tim Duncan cs sehingga berhasil meraih 5 gelar championship sejauh ini. Beberapa waktu lalu, Kobe sempat memberikan pujian setinggi langit pada Spurs. Ya, Kobe yang kita maksud di sini adalah Kobe Bryant, sesosok pemain bola basket legendaris yang terkenal dengan sikap arogannya itu.

"Fundamental basket mereka sangat hebat. Padahal, Spurs hanya bermain dengan cara sederhana. Skuat mereka hampir didominasi oleh pemain Eropa atau pemain yang pernah dibesarkan di kompetisi Eropa," ujar Kobe, mengacu pada nama Boris Diaw, Tony Parker (Prancis), Marco Belinelli (Italia), dan juga Manu Ginobili yang meskipun berdarah Argentina namun ia besar di kompetisi Eropa sebelum bergabung ke NBA.

Lebih lanjut Kobe menyatakan bahwa dirinya cukup beruntung sempat tumbuh besar di Italia, di mana para pelatih basket di sana begitu mengagung-agungkan pentingnya basic fundamental selayaknya kitab suci. Bahkan ia mengritik AAU (Amateur Athletic Union) yang tidak serius melatih para pebasket muda dengan basic fundamental (teknik dasar) yang benar. Imbasnya, para pebasket muda kini lebih fokus pada eksplorasi skill hanya demi terlihat hebat dan keren di mata para penonton.

"Jika saya tidak tumbuh di Italia (Eropa), mungkin saja saya tidak bisa melakukan dribble menggunakan tangan kiri, shooting dengan tangan kiri, serta tidak memiliki footwork yang baik," begitu kata the Black Mamba.

Kilas balik ke Grand Final LA Streetball 2014 lalu, sebagaimana diketahui bahwa tim Ballaholic Japan lah yang keluar sebagai juaranya, setelah mengalahkan Capital Ballers dari Jakarta. Kita tidak perlu mendewakan tim Ballaholic secara berlebihan, karena sejatinya tim lokal kita tak beda jauh kualitasnya dengan mereka. Namun, tidak ada salahnya juga berkaca pada sang juara, kemudian bertanya kira-kira perbedaan apa yang mereka miliki sehingga mampu keluar menjadi juara mengalahkan tim-tim lokal kita. Mereka sangat unggul dalam hal fisik, stamina, dan pastinya, punya basic fundamental basket yang kuat.

Mereka tidak terlalu fokus melakukan variasi trik yang dapat menghasilkan angka dari point breaker. Yang terpenting bagi mereka adalah bermain ngotot penuh determinasi, serta mampu mencetak poin dari cara "konvensional" saja, seperti lay up shot, jump shot di field goal area, free throw, maupun three point shot. Terbukti, dengan cara itu Ballaholic Japan berhasil menjadi jawara di Grand Final LA Streetball 2014, yang notabene merupakan kompetisi internasional pertama yang pernah mereka ikuti.

Kesimpulannya sederhana saja, yakni jangan sampai loe hanya fasih menguasai boomerang trick, namun gagal saat melakukan jump shot. Jangan sampai loe mahir mendemonstrasikan tornado trick saja, tetapi loe lemah dalam memberikan passing matang ke rekan setim.

Sebagai penutup, ada sebuah pernyataan yang mengungkapkan betapa pentingnya mempertajam basic fundamental dalam permainan basket, khususnya streetball. Hal ini diutarakan oleh salah satu All-Star Nasional 2014, Syam AKA Easy Fly. "Kalau ingin serius di streetball, benahi dulu fundamental basketnya. Yang terpenting adalah kerja keras, jangan pernah menyerah, dan terus berlatih."

And now, LET'S GET BACK TO THE FUNDAMENTAL!

(RAI)


Recommendation links:

streetball basketball di Indonesia | info turnamen basket

SHARE
1146
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...