Hoop Around: Lapangan Basket YPK, Rucker Park Versi Jakarta Selatan

BY sball

16/12/2015

LA Streetball | Lapangan YPK
LA-Streetball.com - Rucker Park merupakan lapangan basket populer yang berada di salah satu sudut Harlem, Manhattan, kota New York. Rucker Park menjadi saksi bisu lahirnya legenda-legenda streetball maupun NBA. Sebut saja Kareem Abdul Jabbar, Julius Erving, hingga Earl "The Goat" Manigault menempa skill basketnya di lapangan bersejarah ini.

Nah, jika New York memiliki Rucker Park, maka Jakarta juga punya lapangan basket outdoor berkonsep "streetball" yakni lapangan basket YPK. Memang, lapangan basket YPK tidak memiliki tribun dan tidak seluas Rucker Park, namun lapangan ini nyatanya juga turut memberikan sumbangsih berupa kemunculan bintang-bintang NBL dan streetball Tanah Air. Beberapa di antara mereka adalah Arki Wisnu (SM Britama), Jamar Johnson (CLS Knight dan Glorious Indonesia), Gala aka U-Turn (eks All Star Nasional), Jembe aka Brother J (eks All Star Nasional) hingga Rico aka Spinboy (eks All Star Nasional).

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan khas LA Streetball tentang lapangan basket YPK. Check this out!

1. Sangat Kental dengan Nuansa Basket Jalanan

Lapangan YPK


Lapangan ini berkonsep outdoor lengkap dengan dua ring basket yang kokoh. Dan di salah satu sisi lapangan terdapat sebuah gardu yang temboknya dihiasi oleh seni grafiti memukau, hasil karya anak Desain Komunikasi Visual Interstudi. Saat sedang rehat bermain basket, loe yang memiliki sense of art tinggi akan dimanjakan oleh pemandangan lukisan grafiti ini. Perfect!

2. Jajahannya Rico Spinboy and the Gang!

Richard Insane, Gala U-Turn, Rico Spinboy, Jamar Johnson dan Arki Wisnu


Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa lapangan ini tempat main Rico aka Spinboy dan komunitas bentukannya, Urbain Bball Night, yang di dalamnya termasuk Richard Insane, Jamar Johnson serta 5 komunitas basket besar Jakarta lainnya. Dan small forward andalan SM Britama, Arki Wisnu, juga sering main di sini, lho! Well, mereka anaknya seru-seru kok dan pasti welcome banget kalau loe mau gabung main bareng mereka.

3. Lapangan Basket yang Tidak Pernah Sepi dan Selalu Aktif


 
Lapangan basket YPK sangat aktif dan tidak pernah "mati" barang sedetik pun. Sebab di sini sering diadakan kompetisi basket rutin seperti YPK Cup Basketball. Tak hanya itu, lapangan basket YPK juga menjadi tempat berlatihnya Warrior Basket Academy.


4. Cuma di Sini, Loe Bisa Main Basket dengan Bayar Seikhlasnya!



Kabar gembira buat loe berkantong tipis alias bokek. Tidak seperti lapangan lainnya, loe tidak perlu bayar mahal untuk bermain basket di sini. Loe hanya perlu membayar lapangan dengan biaya sekihlasnya, yang diperuntukkan guna keperluan kebersihan, perawatan dan peremajaan lapangan saja. Berdasarkan info dari pengelola lapangan, biaya yang biasa dikeluarkan umumnya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 200.000. But guys, seikhlasnya sih seikhlasnya, asal bayar sewanya jangan kelewat sadis aja ya, bro!

*Ket: List harga sewa per 30 November 2015

5. Fokus ya, Bahwa Loe ke Sini Untuk Main Basket, Bukannya Wisata Kuliner

Kuliner di sekitar lapangan YPK

Di sekitar lapangan banyak sekali jajanan makanan yang menggugah selera. Ragamnya lengkap! Loe bisa makan dengan harga yang terjangkau. Ada nasi goreng/mi goreng, ayam goreng kalasan/ayam penyet, roti bakar, bakwan Malang, sampai ramen ada di sini. But once again, keep focus on ballin, ya, bro!

6. Fasilitas Lapangan Tidak Terlalu Memadai

Wajar, karena ini lapangan basket "jalanan" bukan berada di dalam sebuah arena tertutup. Jadi, loe tidak akan menemukan kamar ganti, shower room, atau locker di sini. Yang loe perlukan hanyalah handuk kering dan baju/celana tambahan, yang bisa sewaktu-waktu loe ganti usai bermain basket. Nggak masalah dong loe ganti baju sembarangan? Makanya, perut dibikin six-pack, dong! Ballers masa' perutnya buncit. Hehehe..

Bagi loe pengguna motor, tidak perlu khawatir, sebab di sekitar lapangan banyak tersedia lahan parkir. Namun, buat yang bawa mobil, loe akan sedikit menemui kesulitan untuk mencari tempat untuk parkir sebab letak lapangan berada di sekitar kawasan perumahan dengan jalan yang tidak terlalu lebar.


7. Bisa Dikatakan Aksesnya Gampang-gampang Susah

Orang-orang sedang bermain basket di lapangan YPK


Letaknya berada di kawasan padat Blok M, tepatnya di daerah Panglima Polim. Mengapa disebut gampang-gampang susah? Sebab di hari biasa, kawasan ini begitu macet, ditambah tengah ada pembangunan jalan layang non-Tol di sekitar sini. Patokan yang sudah jelas adalah bahwa lapangan ini dekat Polres Metro Jakarta Selatan, dan terletak tepat di belakang kampus Interstudi.

8. Alamat Lengkap dan Location on Maps

Jln. Panglima Polim XIV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
DKI Jakarta 12160.



(RAI)


Baca juga:
Hoop Around: Main Basket, Wisata Museum dan Kulineran di Lapangan Basket Monas
Hoop Around: Lapangan Basket the Breeze, Saksi Sejarah Terbentuknya Tim LA Streetball Challenge the World Edisi Pertama
Hoop Around: Bertabur Bintang Basket dan Seleb Ternama di Lapangan Basket STC Senayan
Hoop Around: Lapangan Basket ABC Senayan, Pusat Komunitas Basket di Jakarta
Hoop Around: Hoop Around : Ballin' sekaligus tempat nongkrong asyik, Loop Station
Hoop Around: Lapangan Basket Pro Arena, Sports Leisure in South Jakarta
Hoop Around: Lapangan Basket YPK, Rucker Park Versi Jakarta Selatan

Hoop Around: Hall A Senayan, Prototipe Kesempurnaan Lapangan Basket

SHARE
5756
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...