Hoop Around: Surga di Tengah Taman Kota, Lapangan Taman Menteng

BY sball

29/12/2015

LA Streetball | Lapangan Taman Menteng
LA-Streetball.com - Di Jakarta Pusat terdapat sebuah lapangan basket yang asyik buat loe datengin. Yup, yang dimaksud adalah Lapangan basket Taman Menteng. Berada di tengah-tengah sebuah taman perkotaan yang asri menjadikan lapangan ini sempurna buat loe yang tidak hanya sekedar mencari keringat, tetapi juga ingin refreshing menikmati kesejukan udara kota.

Buat loe yang suka bermain basket di arena terbuka alias outdoor, lapangan basket Taman Menteng bisa dijadikan opsi terdepan. Memang apa saja sih kelebihan dari lapangan ini? LA Streetball akan mengulasnya di sini.

1. Persija dan Legenda Sepakbola yang Pernah Terlahir di Sini

LA Streetball | Lapangan Taman Menteng
For your information, Taman Menteng ini dulunya adalah stadion dan markas tim sepakbola Nasional, Persija Jakarta. Stadion ini didirikan pada tahun 1921 oleh arsitek duo yakni meneer Belanda, P.A.J Moojen dan F.J. Kubatz. Stadion Menteng ini juga menjadi saksi sejarah lahirnya penggawa-penggawa legendaris sepakbola Tanah Air seperti Iswadi Idris, Abdul Kadir, Anjas Asmara hingga Ronny Pattinasarani. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi stadion tidak terawat dan mengalami pergeseran fungsi.

Akhirnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, berinisiatif untuk mengalihfungsikan stadion Menteng menjadi ruang terbuka untuk masyarakat bernama Taman Menteng pada tahun 2004. Pada tahun 2007 barulah Taman Menteng diresmikan sebagai taman publik diisi dengan banyak penghijauan, plus lapangan futsal dan basket.


2. Akses Cukup Mudah Plus Banyak Kuliner Enak di "Food Court Terbuka" ala Taman Menteng

LA Streetball | Akses Lapangan Taman Menteng
Loe bisa datang ke lapangan ini menggunakan moda transportasi Kopaja P20 jurusan Senen-Lebak Bulus. Untuk Transjakarta, loe bisa turun di halte Latuhalhari. Sedangkan untuk kereta commuterline, loe bisa turun di stasiun Sudirman (jurusan Tanah Abang) atau di stasiun Gondangdia (Jurusan Kota). Tetapi, untuk transportasi Transjakarta dan kereta commuter line yang disebutkan tadi, loe masih tetap harus lanjut menggunakan ojek atau bajaj untuk bisa ke lapangan ini, ya!

Semua orang juga tahu, kalau di Taman Menteng begitu banyak sajian makanan enak. Tepat di seberangnya, terdapat restoran Sate Khas Senayan dan J.CO buat loe yang mungkin hanya ingin sekedar nongkrong ngopi-ngopi. Di seputaran lapangan, juga terdapat banyak yang menjaja berbagai makanan seperti baso, soto ayam, hingga ayam goreng. Nah, mulai jam setengah 5 sore akan muncul lagi deh gerobak-gerobak penjual makanan lezat lainnya seperti nasi goreng gila, sate padang, siomay, batagor, dsb. Area "food court terbuka" ini berlokasi tepat di belakang lapangan basket Taman Menteng. Cobain ya, bro! Dijamin ketagihan.


3. Parkiran Luas dan Bertingkat Buat Rombongan Tim Basket Loe

LA Streetball | Parkiran Lapangan Taman Menteng
Sepele, namun terkadang lahan parkir lapangan bakset juga dijadikan sebagai salah satu pertimbangan bagi siapapun. Karena, loe tentu ingin bermain basket dengan perasaan nyaman bahwa mobil atau motor loe bisa terpakir dengan aman. Nah, lapangan Taman Menteng menyediakan lahan parkir yang begitu luas dengan bentuk bangunan bertingkat layaknya parkiran di mal pada umumnya.


4. Kondisi Ring Terawat, Desain Permukaan Lapangan Keren plus Ada Alat Buat Workout juga, lho!

LA Streetball | Fasilitas di lapangan Taman Menteng
Ring basket kokoh dan terawat. Desain permukaan lapangan penuh dengan warna, serta ada satu hal yang menarik. Pada bagian mid-half courtnya terdapat sebuah lingkaran yang mirip dengan logo tim Detroit Pistons dari NBA. Di salah satu sudut, lapangan juga terdapat alat fitnes yang bisa loe gunakan secara cuma-cuma saja.



5. Banyak Spot Romantis buat Pacaran juga, lho!

LA Streetball | Taman Menteng

Jangan ragu buat ajak pacar loe ke sini (sorry ya buat yang jomblo). Karena di sini tersedia banyak bangku taman dengan pemandangan hijau nan sejuk. Pasti enak banget kan tuh, loe habis capek main basket terus bisa leha-leha deh bareng pacar loe di sini. Adem dan empuk, hehehe...

Oh iya, jangan lupa juga bawa kamera. Karena di sini cukup banyak spot untuk motret buat diposting di instagram loe, bro!

6. Buat Loe yang Sudah Punya Anak, This Court has a Play Ground for Them

LA Streetball | Taman bermain di Taman Menteng

Ya, buat kalian yang sudah berkeluarga Taman Menteng bisa menjadi pilihan ideal. Saat loe bermain basket, loe bisa dengan tenang membiarkan anak-anak loe bermain di play ground yang ada. Jadi, anak loe tidak akan bosan menunggu Ayahnya bermain basket.


7. Main Basket Gratis? Di Sini Tempatnya!

LA Streetball | Bermain basket one on one
Yang loe baca barusan itu benar, kok, kalau main basket di sini tidak dipungut biaya. Tetapi loe harus cepet-cepetan main di sini, dengan orang atau komunitas lain. Seperti yang sudah-sudah, kalau ternyata bentrok dengan orang lain, kan loe bisa ajak sparring basket lawan mereka.

Tapi dicatat ya, ballers, lapangan hanya bisa dipakai pada hari Senin-Jumat saja. Sebab pada hari Sabtu dan Minggu, lapangan khusus digunakan oleh tim lokal yaitu tim basket Menteng Junior dan Menteng Senior, serta beberapa tim basket SMP dan SMA sekitar.

*Ket: List harga sewa per 1 Desember 2015


8. Alamat dan Location on Maps

Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310




(RAI)



Baca juga:
Hoop Around: Main Basket, Wisata Museum dan Kulineran di Lapangan Basket Monas
Hoop Around: Lapangan Basket the Breeze, Saksi Sejarah Terbentuknya Tim LA Streetball Challenge the World Edisi Pertama
Hoop Around: Lapangan Basket Bulungan, Kualitas Oke Harga Bersahabat
Hoop Around: Bertabur Bintang Basket dan Seleb Ternama di Lapangan Basket STC Senayan
Hoop Around: Lapangan Basket ABC Senayan, Pusat Komunitas Basket di Jakarta
Hoop Around: Hoop Around : Ballin' sekaligus tempat nongkrong asyik, Loop Station
Hoop Around: Lapangan Basket Pro Arena, Sports Leisure in South Jakarta
Hoop Around: Lapangan Basket YPK, Rucker Park Versi Jakarta Selatan

SHARE
4158
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...