Jejak Streetball di Filipina (part 1)

BY sball

26/08/2020

LA-Streetball.com - Buat kamu yang pernah tinggal atau berkunjung ke Filipina, mungkin sudah tahu kalau negara tersebut suka banget sama basket. Dari mulai permainan di lapangan pinggir jalan hingga pertandingan skala besar yang disiarkan di televisi nasional, hampir semua warga Filipina menyukai basket.

Katanya sih, kecintaan mereka terhadap basket memang bermula dari sejak dulu. Basket diajarkan di sekolah dasar hingga menengah ke atas, menjadikan masyarakatnya familiar dengan permainan basket.

Source: en.wikipedia.org

Banyak yang penasaran, kenapa ya masyarakat Filipina suka banget sama basket sejak dulu? Padahal mereka terbilang nggak terlalu tinggi seperti pemain basket asal Amerika dan Eropa yang secara genetik memang bertubuh besar.

Ternyata, basket merupakan salah satu olahraga yang nggak membutuhkan banyak alat yang mahal dan mampu dimainkan segala lapisan masyarakat di Filipina. Kecintaan mereka terhadap basket ini lah yang mengantar Filipina memenangkan 1960 FIBA World Championship.

Source: hawaiipublicradio.org

Nggak mau hanya main-main dengan basket, Filipina mendirikan Philippine Basketball Association di tahun 1975. Menjadikannya liga basket profesional pertama di dunia setelah Amerika Serikat.

Hal ini juga menjadikan Filipina sebagai negara dengan pasar basket terbesar selain Amerika Serikat dan Cina. Bahkan kabarnya, pemerintah di Filipina lebih memilih untuk mengundur jadwal pemilu kalau bentrok dengan jadwal pertandingan final NBA.

 

SHARE
SHARE:
157
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...