JOHN WOODEN : THE WIZZARD OF WESTWOOD

BY sball

06/03/2019

 

LA-Streetball.com – Sejarah perkembangan bola basket di amerika memang sangat menarik buat dikulik ballers, selain para pemain, pelatih juga mengambil peranan penting dalam perkembangannya. Adalah John Robert Wooden, Pelatih University of California Los Angeles (UCLA) medio 1948-1975. Pelatih yang berjuluk The Wizard of Westwood ini berhasil meraih 10 gelar NCAA (rekor terbanyak), dengan 7 diantaranya menang berturut-turut (1967-1973). Rekor yang sampai hari ini belum bisa dipecahkan oleh siapapun even itu Coach K (Duke) atau Coach Calipari (Kentucky). Coach Wooden juga memegang rekor 88 kali kemenangan dalam satu musim, rekor yang mustahil buat dipecahkan sama tim-tim kampus saat ini.

 

Source: https://www.nytimes.com

 

Wooden juga adalah pejuang hak asasi atau penyamarataan status antara pemain kulit putih dan kulit hitam. Kala itu isu antara kulit putih dan kulit hitam memang sangat krusial di amerika. John wooden juga mengajarkan ke Lew Alcindor, Bill Walton dkk jika seorang pemain yang ada dibawah asuhannya wajib mementingkan kuliahnya dan wajib bisa lulus dari kampus. Supaya jika sudah tidak bermain nanti mereka punya bekal yang baik untuk hidupnya. Inilah sosok pelatih yang dicintai banyak public basket amerika, banyak juga pelatih-pelatih top sekarang yang melihat Coach wooden sebagai role modelnya dalam menata tim basket baik level kampus ataupun level professional.

 

Source: https://theolympians.co

 

Salah satu metode yang terkenal dari John Wooden adalah “The Pyramid of Success”, sebuah metode yang mengajarkan bagaimana cara sukses di basket dan kehidupan nyata. Selama 29 tahun karir melatihnya, coach John Wooden sudah luar biasa banyak membawa dampak positif dalam perkembangan bola basket, bukan hanya di olahraga saja, tapi juga dalam segi bisnis, sukses personal seorang pemain, dan kepemimpinan dalam sebuah organisasi. Salute!

 

Source: vslice02 Youtube Channel

SHARE
SHARE:
54
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...