“Jumpin” Jackie Jackson, Pemain Legendaris Harlem Globetrotters

BY sball

19/08/2020

LA-Streetball.com - Dari sekian banyak pemain terkenal yang memulai karirnya di Rucker Park, ada satu nama yang legendaris tapi nggak bermain di lapangan NBA. Pemain tersebut adalah “Jumpin” Jackie Jackson. Nama panggilannya, “Jumpin”, nggak diberikan tanpa sebab. Katanya, Ia bisa melompat tinggi banget sampai mampu menyabet sebagian blackboard di Rucker Park

Source: medium.com

Pemain kelahiran tahun 1940 ini sempat bermain basket di SMA-nya bersama beberapa pemain ternama seperti Lenny Wilkens dan Connie Hawkins. Ia juga bermain basket semasa kuliah di Virginia Union University dan sempat menjadi CIAA Freshman of the Year di tahun 1958 karena kemampuan basketnya yang mengagumkan dengan rata-rata 20 rebound setiap game.

Source: sportige.com

Jackie Jackson juga terkenal sebagai salah satu pemain streetball pertama yang bertanding di Rucker Park Tournament di awal tahun 1960-an. Pernah main bareng Connie Hawkins, Wilt Chamberlain, dan Walt Bellamy, Jackie Jackson membangun namanya di Rucker Park sebagai salah satu pemain streetball yang nggak bisa dianggap remeh.

Sukses di Rucker Park, Jackie Jackson pun mencoba peruntungan karirnya di tempat lain. Ia sempat terpilih di NBA Draft tahun 1962, namun nggak bermain di NBA karena direkrut langsung oleh pemilik tim basket Harlem Globetrotters, Abe Saperstein. Di Harlem Globetrotters Jackie Jackson bermain selama 20 tahun, bersama beberapa pemain terkenal lainnya seperti Marques Haynes dan Fred “Curly” Neal.

Di tahun 2008, buku berjudul “The Legend of Jumpin’ Jackie Jackson” dirilis oleh Adelphi Publishing yang menceritakan tentang karir dan perjalanan hidup Jackie Jackson. Jackie Jackson meninggal dunia di bulan Mei tahun 2019 dan hingga kini masih dikenal baik sebagai salah satu pemain streetball legendaris di Amerika Serikat.

SHARE
SHARE:
203
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...