KENALAN SAMA TRIANGLE OFFENSE!

BY sball

21/02/2017

 

LA-Streetball.com - Kita sempet ngebahas soal berakhirnya era triangle offense beberapa waktu lalu. Buat sekedar ngingetin lagi kali lo ada yang lupa. Triangle offense nggak dipake lagi sama beberapa tim karena dinilai terlalu ribet. Terbukti dari segi pelatih emang cuman uncle Jackson doang yang bisa nerapin ini di Bulls dan Lakers. Selebihnya nyerah! Bahkan Gary Payton aja ngakuin itu.

Nah sekarang kita akan coba kasih gambaran gimana sih cara kerja triangle offense sesederhana mungkin yah. Biar nggak ribet-ribet amat kesannya. Siapin catetan dan kumpulin tim lo buat simak bareng-bareng. Kalo udah mari kita coba!

Kenapa namanya triangle offense?

Jawabannya simple, karena dalam pola penyerangan lo posisi pemain emang harus berbentuk triangle baik pemain yang berada di post, di corner ataupun di wing. Dimana harus ada dua pemain yang menjadi kunci permainan berada di luar, dan salah satu pemain berada di area garis free throw. (sebagai ilustrasi)

(Ilustrasi sportamerika.com)

Gimana  cara kerjanya?

Pola dimulai saat bola dialirkan ke pemain yang berada di wing. Nah pemain yang abis passing, beralir kearah corner. Nah pemain yang berada di dalam melaku screen di area dalam, bisa juga berfungsi sebagai pemantul juga menarik pemain lawan untuk menjaganya dan menjadikan spot itu seolah jadi poros serangan. Saat itu terjadi, dua pemain lainnya berperan untuk masuk dari sisi lewat weakside, ibaratnya si key player yang ada di dalam telah memblok area dalam sehingga mempermudah dua pemain di luar untuk masuk mencari daerah yang bisa dibobol.

Ilustrasi diatas bisa berubah sesuai kondisi defense tapi secara pola sama.

 Butuh contoh?

Biar lo nggak terlalu ribet ngebayanginnya, coba deh lo liat permainan Lakers ini.

https://www.youtube.com/watch?v=ALeAu_dBjds

atau kalo masih bingung, semoga ini lebih bisa memberikan gambaran!

https://www.youtube.com/watch?v=CDzXnOALd1k

Apasih yang paling penting dalam menerapkan triangle offense?

Phil Jackson pernah ngomong kalo yang paling penting dari triangle offense adalah spacing. Jarak antar 3 pemain itu paling nggak di 15-20 kaki, sehingga akan mempersulit musuh untuk bisa mejaga keseluruhan zona defense mereka. Spacing yang tepat juga akan memancing lawan untuk melakukan trap, saat itu terjadi artinya pemain tersebut udah kepancing. Berarti ada area yang kosong untuk pemain lain masuk ke weak zone. Spacing juga

 Apa mirip Pick-And-Roll?

Mungkin iya, tapi tujuan utama pick-and-roll dalam triangle offense adalah untuk mencari mismatch dan double team. Saat itu terjadi, berarti akan tercipta weak zone. Maka aka nada pemain lain yang siap masuk ke celah yang ditinggalkan oleh pemain lawan.

Apa yang paling membedakan dari triangle offense?

Kalo biasanya, sebuah serangan dilakukan dengan menekan lawan dengan tusukan-tusukan yang mengancam pain area mereka. Kalo di triangle beda! Hal utamanya adalah pergerakan bola, sehingga memancing reaksi bentuk defense dari lawan. Kemudian offense disesuaikan dengan bentuk reaksi dari defense lawan.

Ini sih cuma gambaran gampannya aja, kalo mau lebih jelasnya lo bia liat video tutorial berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=eewCYox5MuI&spfreload=10

SHARE
1252
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...