Kobe Kritik AAU, Puji Spurs

BY sball

12/01/2015

artikel olahraga basket | Manu Ginobili dan Kobe Bryant
Seberapa hebat skill basket yang dimiliki seseorang, tentu akan percuma bila basic fundamental yang dimiliki masih lemah. Hal tersebut yang amat sangat ditekankan oleh Kobe Bryant. The Black Mamba menyinggung dua kakak beradik asal Spanyol, Pau dan Marc Gasol, sebagai bigman yang lengkap. Permainan mereka kerap kali mendominasi para bigman asli Amerika Serikat.

"AAU (Amateur Athletic Union) sangat mengerikan. Mereka tidak melatih pebasket AS sebagai all around player (serba bisa). Pebasket AS cenderung mengekploitasi skill agar terlihat keren oleh para penonton, ketimbang mempelajari basic fundamental (teknik dasar) basket dengan benar. Ini gila," ujar Kobe. Sebagaimana diketahui, AAU merupakan sebuah organisasi olahraga non profit, yang didirikan untuk program pengembangan atlet olahraga, termasuk basket.

Kobe menyatakan dengan yakin bahwa pemain Eropa yang bermain di NBA, jauh lebih baik dari para pemain Amerika Serikat. Kemudian, ia mencontohkan San Antonio Spurs yang memang cukup didominasi oleh para pemain dari daratan Eropa, seperti Tony Parker, Boris Diaw (Prancis), atau Marco Belinelli (Italia). Bagi pelatih Spurs, Gregg Poppovich, fundamental basket itu sangatlah penting, dan para pemainnya bisa mengakomodir kemauan sang pelatih.

"Fundamental basket mereka sangat hebat. Padahal, Spurs hanya bermain sederhana. Skuat mereka hampir didominasi oleh pemain Eropa atau pemain yang dibesarkan di kompetisi Eropa," kata Kobe, mengacu pada nama Manu Ginobilli (Argentina), yang memang sebelumnya lama bermain di liga basket Eropa.

Sudah seharusnya, kritikan dan masukan dari legenda sekelas Kobe Bryant ini dipertimbangkan oleh para petinggi NBA.

SHARE
SHARE:
830
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...