Kolaborasi Budaya Hip-Hop dan Basket

BY sball

18/10/2020

LA-Streetball.com - Dari masa ke masa, basket memang sering berkaitan dengan pop culture. Dari mulai fashion, film, hingga musik. Salah satunya adalah musik hip-hop yang ternyata saling berkaitan dengan basket dan mempengaruhi satu sama lain.

Source: fremantle.wa.gov.au

Musik hip-hop awalnya lahir di Amerika oleh DJ asal Jamaika yang bernama Kool Herc. Hip-hop yang kerap diputar saat pesta pun akhirnya terus berkembang dan berkaitan erat dengan budaya anak muda keturunan Afrika dan Amerika di New York. Budaya basket pun ikut mempengaruhi perkembangan musik hip-hop.

Salah satu pemain basket yang terkenal dengan karir musiknya adalah Shaquille O’Neal. Ia pertama kali merilis musiknya di awal tahun 1990an, saat era hip-hop mulai dikenal dengan aksesoris fashionnya seperti celana baggy dan topi snapback. Ia bahkan pernah bekerjasama dengan musisi ternama seperti Aaron Carter dan Michael Jackson.

Source: entrepreneur.com

Di awal tahun 2000an, AND1 Mixtape Tour mendominasi skena streetball di Amerika. Di era itu lah hip-hop dan basket mulai menyatu. Acara “Streetball” dari ESPN juga menampilkan berbagai penampilan streetball yang diiringi musik hip-hop.

Mixtape dari AND1 yang meraih kepopuleran pada zamannya menegaskan hubungan hip-hop dan basket yangs semakin erat. Musik hip-hop semakin nggak terpisahkan dari mixtape basket, begitu juga sebaliknya.

Source: nytimes.com

Setelahnya, musik hip-hop semakin dikaitkan dengan budaya basket. Di setiap pertandingan, turnamen, atau acara basket apa pun, musik hip-hop pasti terdengar dan dinikmati para pecinta basket.

Hingga kini, banyak pemain basket ataupun musisi hip-hop yang mencoba budaya satu sama lain. Contohnya rapper asal Amerika, J.Cole, yang sebelumnya kerap tampil di acara-acara NBA kabarnya kini sedang berlatih untuk mencoba mengikuti NBA Try-out. Ia terinspirasi dari rapper lainnya, Master P, yang pernah bermain untuk tim NBA yaitu Charlotte Hornets dan Toronto Raptors.

Source: latimes.com

Selain itu ada juga Damian Lillard yang punya nama panggung D.O.L.L.A untuk karir musiknya. Ia memulai karir musiknya sejak tahun 2015 dan sempat bekerjasama dengan musisi hip-hop lainnya seperti Lil Wayne dan Mozzy.

SHARE
SHARE:
104
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...