KULTUR STREETBALL CHINA (Part. 2)

BY sball

14/08/2019

 

LA-Streetball.com – Nama AND1 yang sempat meledak diawal tahun 2000-an memang cikal bakal dari streetball yang banyak orang kenal sebagai olahraga ‘lain’ dari bola basket biasa. Streetball yang AND1 tawarkan adalah bola basket yang digabung dengan trik-trik freestyle yang membuat lawannya tertipu atau kurang lebih bertujuan membuat lawan malu dari trik yang kita keluarkan.

 

Source: And1 Mixtape Tour Youtube Channel

 

Tapi tau ga sih ballers kalau ternyata trik yang mereka lakukan itu adalah gimmick dari perusahaan itu sendiri agar brand AND1 punya ‘pembeda’ dan punya identitas selain basket pada umumnya. 

Nah inilah yang akhirnya luntur pada perkembangan zaman. Begitu juga di China, negara yang mayoritas penduduknya sangat amat gila terhadap olahraga ini diawal tahun 2000 juga  pernah terkena virus AND1. Donald Li salah satu orang yang pernah membawa tim Street China saat Grand Final 2014 pun mengakui jika streetball di China skerang sudah berubah.

“Streetball disini (China) sudah jauh berubah. Orang sekarang hanya mengejar dua hal, Uang dan Ketenaran. Selebihnya para pemain yang sudah masuk ke jajaran semi pro akan sangat mementingkan uang dibanding ikut kompetisi mencari pengalaman, Bahkan banyak pemain Amerika yang sekarang mengadu nasib di China ikut bermain dari kompetisi ke kompetisi lainnya demi uang” jelasnya.

Ya memang Streetball yang identic dengan trik perlahan berubah menjadi ajang para pemain semi pro untuk mencari uang. Di China setidaknya ada banyak kompetisi Streetball yang sering mereka gelar. Salah satunya adalah Jump10. Kompetisi streetball yang mirip dengan Open Run tapi mengundang banyak tim dari beberapa negara dengan total hadiah $ 200.000! Gila! Bahkan juara Dunk Contest nya aja diganjar hadiah sebesar $ 10.000 atau sebesar Rp 175 juta!

Gak heran kalau kultur streetball di China sudah banyak berubah dalam 10 tahu terakhir ini. Hal ini pun juga terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun kebelakang. Bahkan di setiap open run pun, dikala laga final, tim yang bertanding udah gak akan lagi memikirkan trik, karena biasanya lawan akan punya strategi sendiri menangkal trik tersebut agar tidak menjadi poin. 

Bener apa Benar ballers? :D

SHARE
SHARE:
520
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...