LAPANGAN BASKET PALING TUA DI DUNIA

BY sball

26/11/2018

 

LA-Streetball.com - Basket emang terkenal gede di Amerika, tapi kalo ngomongin soal lapangan basket pertama kali di dunia, bukan ada di negara adidaya itu. Yup, lapangan basket pertama adanya di Paris, Prancis. Mungkin agak susah dipercaya, gimana ceritanya olahraga yang berkuasa di Amerika punya akar yang begitu dalem di Paris.

Olahraga basket emang pertama kali ditemuin sama James Naismith, anggota dan salah satu pendiri Massachusetts YMCA, sebuah organisasi olahraga buat anak muda pas tahun 1891. Berawal dari nyari aktifitas indoor yang kangen sama olahraga baseball dan football, serta bisa dimainin pas musim dingin. Kemudian, dia ditransfer ke Paris dan bikin basket jadi berakar di kota itu pas tahun 1892. 

Lapangan rue de Tréviseini, baru bisa dipake pas tahun 1893. Dan semenjak saat itu sampe sekarang, lapangan ini tetep dijaga keorisinalitasannya. Lantai kayu yang gak pernah diganti sejak awal berdiri, tiga tiang yang berdiri di tengah lapangan juga masih berdiri kokoh, dengan bunyi ngegericit yang khas dari lantai kayunya. 

Jadi, kalo lo punya kesempatan buat main-main ke Paris, jangan cuma ngunjungin Quai 54, tapi lo juga harus ngerasain historical environment dari rue de Trévise. Dijamin gak bakal lo lupain seumur hidup.

 

Source: Image

 

Source: Image

 

Source: Image

SHARE
89
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...