Legenda Lakers Cetak Three Point Shot Unik

BY sball

23/07/2015

pemain basket terkenal | Wilt Chamberlain
LA-Streetball.com - Nama Wilt Chamberlain telah ditahbiskan sebagai salah satu legenda besar NBA. Raihan 2 gelar championship, rentetan 13 kali masuk sebagai NBA All-Star, 7 kali memenangkan NBA scoring champion, serta terpilih 4 kali sebagai MVP membuat pemain bola basket yang juga pernah memperkuat Philadelphia 76ers ini dikenang selamanya oleh para pecinta basket.

Ia menjadi panutan bagi para pebasket lain, karena memiliki skill set yang lengkap sebagai seorang center. Sebuah rekor yang hingga kini belum bisa dipecahkan oleh pemain manapun adalah rekor 100 poin dalam satu pertandingan, yang pernah Chamberlain ciptakan. Fenomena ini terjadi pada 2 Maret 1962, di mana ketika itu Chamberlain memperkuat Philadelphia Warriors (sebelum berganti nama menjadi Philadelphia 76ers) mengalahkan New York Knicks 169-147.

Kemampuan shootingnya di atas rata-rata. Sebuah footage langka menampilkan saat Chamberlain tengah berlatih basket dengan rekan-rekan setimnya, di markas Lakers. Chamberlain melakukan hook shot dari jarak three point line sebanyak empat kali berturut-turut. Jadi, ceritanya seperti ini. Di saat pria yang wafat pada tahun 1999 itu mampu menembakkan hook shotnya yang ketiga, salah seorang rekannya mengajaknya taruhan, jika Chamberlain mampu mencetak hook shotnya yang keempat secara beruturut-turut, maka ia akan diberikan 5 dollar.

Chamberlain pun menerima tantangan tersebut. Akhir cerita bisa ditebak, Chamberlain pun berhasil mengantongi 5 dollar dari rekannya itu.

Sebagaimana diketahui, hook shot ini pun nantinya akan dikembangkan lagi tekniknya oleh penerus Chamberlain di Lakers, Kareem Abdul Jabbar. Jabbar "mematenkan" teknik sky hook, yakni jump shot dengan melemparkan bola menggunakan satu tangan saja, seraya tangan satunya lagi menghalangi lawan sehingga space dalam menembak menjadi lebih terbuka.

Sepanjang karirnya, Chamberlain mampu mencetak 31.419 poin yang menjadikannya duduk di peringkat kelima sebagai pemain dengan raihan angka tertinggi di dalam sejarah NBA. Namun, melihat ia dengan mudahnya mencetak tembakan tiga angka seperti ini, sangat disayangkan semasa ia bermain dari tahun 1959 hingga tahun 1973 NBA belum menerapkan sistem three point shot. Sebab NBA sendiri baru mengesahkan peraturan three points shot pada tahun 1979. Bisa dibayangkan, perolehan poin Chamberlain pasti akan jauh lebih banyak jika sistem tiga angka (three point shot) sudah diterapkan saat ia masih aktif bermain dulu.

Penasaran mau lihat aksi hook shot luar biasa dari Wilt Chamberlain? Let's check this one out, ballers! (RAI)






Baca juga: Do Sky Hook Like Kareem!

SHARE
1512
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...