MASA DEPAN NBA GLOBAL

BY sball

20/11/2017

 

LA-Streetball.com - Melihat NBA yang sedang berjalan, udah gak aneh melihat pemain muda seperti Lonzo Ball, Jayson Tatum, menjadi headline di berita karena permainan mereka. Mereka memang jago dan mereka juga pemain bintang di masa depan. Tetapi kalau diperhatikan, calon pemain bintang (atau malah ada yang sudah bisa dikategorikan pemain bintang) NBA yang sedang ramai diomongin adalah pemain NBA yang asalnya dari luar Amerika.

Sebut saja Giannis Antetokounmpo, Kristaps Porzingis, Karl-Anthony Towns, Ben Simmons, Joel Embiid, Andrew Wiggins, dan Nikola Jokic. Mereka sering disebut unicorn (terutama Kristaps Porzingis). Merekalah yang disebut-sebut sebagai pemain MVP masa depan dan juga juara NBA. Kembali ke 12 tahun lalu, NBA mempunyai pemain calon bintang seperti LeBron James, Dwyane Wade, Carmelo Anthony, ramai seliweran di papan skor. Kemudian angkatan Kevin Durant, Russell Westbrook, James Harden juga sering diomongin ketika memulai karir 5-6 tahun lalu. Tapi mereka semua memang berasal dari Amerika Serikat, menjadikan ini hal yang sangat lumrah.

Tapi melihat pemain calon bintang di tahun ini, hampir semua lahir dan dibesarkan di luar Amerika Serikat. Giannis adalah imigran asal Nigeria yang tumbuh besar di Athena dan menjadi warga negara Yunani. Kristaps datang dari Latvia, negara yang menjadi bayang-bayang Lithuania dalam hal olahraga basket. Ben Simmons berasal dari Australia dimana ia kemudian pindah ke Amerika Serikat ketika SMA untuk mengejar mimpi di NBA. Joel Embiid adalah orang Kamerun yang datang ke Amerika di umur 16 tahun setelah ditemukan oleh Luc Richard Mbah a Moute. Pemain Utah Jazz, Nikola Jokic berasal dari Serbia. Karl-Anthony Towns lahir dan dibesarkan di New Jersey, tapi ibunya berasal dari Dominica, dan ia pun masuk ke dalam tim nasional Dominica. Andrew Wiggins lahir, dibesarkan, dan sekarang adalah pemain kunci yang berasal dari Toronto, Kanada.

Belum pernah dalam sejarah, NBA mempunyai koleksi pemain bintang asal international sebanyak ini. Selama 4 dekade ke belakang NBA memang sudah ada pemain asal luar Amerika Serikat, seperti Swen Nater asal Belanda, Mycah Thompson asal Bahama, Drazen Petrovic asal Kroasia, dan Hakeem Olajuwon yang menjadi pemain non-Amerika pertama yang menjadi MVP di tahun 1994 sebelum ia menaturalisasi menjadi warga Amerika Serikat. Patrick Ewing, Dikembe Mutombo, Tim Duncan, Yao Ming, juga adalah contoh pemain international yang meraup sukses di NBA.

Tidak hanya melulu untuk mencari keuntungan, membangun NBA menjadi global adalah salah satu fokus utama, komisioner NBA terdahulu David Stern, demi membuat NBA bertumbuh menjadi liga global dan menarik minat pasar diluar Amerika Serikat. Fokus ini sepertinya sudah mulai terlihat hasilnya dengan melihat potensi pemain muda NBA yang berasal dari luar AS. Semoga ada pemain Indonesia yang akan masuk NBA ya.

SHARE
490
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...