NBA DIINVASI ORANG ASING?

BY sball

02/02/2017

LA-Streetball.com - Lo udah pada liat list nama players yang masuk ke All Star kan? Setuju nggak? Pemain lo udah masuk semua belom? Dari sekian banyak pemain bintang yang kepilih, kalo gue penasaran sama beberapa pemain kayak Manu Ginobili, Zaza Pachulia, Marc Gasol, terus New York Knicks Finest Kristaps Porzingis, Joel Embiid sama yang terakhir nggak lain dan nggak bukan Giannis Antetokounmpo.

Nama-nama itu sih udah nggak diraguin lagi deh soal skill.  Giannis Antetokounmpo udah bisa ketebak dari awal mereka bakal masuk All Star. Tapi mungkin lo ada yang sadar kalo nama-nama pemain tadi tuh nggak ada satu pun yang berwarganegara Amerika.

Kalo lo perhatiin NBA makin kesini emang kayak diinvasi sama pemain-pemain non-Amrik. Nggak tau trend dari mana. Tapi nggak sedikit juga pemain non-Amerika tersebut malah jadi andelan di clubnya masing-masing. Kalo diliat dari roster tahun ini aja, NBA udah mecahin record. Karena di tahun ini yang masuk roster ada 113 pemain asing dari 41 negara.

Contohnya pemain-pemain yang udah gue sebut tadi, Manu Ginobili dari Argentina, Zaza Pachulia dari Georgia, Marc Gasol dari Spanyol, Kristap Porzingis dari Latvia, Joel Embiid dari Kamerun dan Giannis Antetokounmpo dari Yunani. Ini bisa jadi bukti kalo NBA udah bukan lagi punya Amerika doang.

Gue sempet nemuin beberapa pembahasan di beberapa forum yang membahas hal ini. Ada beberapa yang nggak setuju dengan makin banyaknya pemain asing main di NBA. Ada yang berpikir kenapa nggak pake talent dari pemain lokal aja sih? Toh di Amerika mah pemain bagus melimpah. Ada juga yang berpikir ngapain mereka membiarkan pemain asing masuk, itu sama aja kita ngajarin atau ngelatih pemain non Amerika untuk punya skill selevel sama pemain Amerika. Masa mereka ngebiarin negara lain basketnya jadi bagus, dan bisa aja nanti negara mereka ngalahin Amerika.

Tapi mungkin itu yang harus dibedain, itu bedanya NBA dan Amerika. Biar gimana cara melihat objek keduanya beda. Buat NBA bisnis goal utama mereka adalah uang. Sedangkan Amerika adalah prestasi negaranya di olimpiade. Ingetkan pertama kali Yao Ming main di NBA? Jumlah penonton di China yang awalnya kecil banget mendadak tinggi, jumlah merchandise yang kejual juga gila-gilaan.

Kalo di sepak bola kita mungkin bisa liat contoh liga Inggris. Secara industri liganya majunya parah, tapi coba liat lagi ada berapa banyak pemain asli Inggris yang jadi bintang di sana? Karena tujuannya udah industri.  Mungkin NBA juga mengarah kesana? Selain itu yah NBA bisa dibilang sebagai kompetisi basket dunia bukan hanya Amerika saja. Semua muaranya kesana, jadi NBA udah bukan milik Amerika doang. Toh kita terhibur dengan hustlenya Porzingis atau dunk nya Antetokounmpo.

Jadi ketika kita Happy nontonnya, it means more business to NBA, and more money of course!

 

 

Photo: nba.com

SHARE
489
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...