PEMAIN AFRO - AMERIKA PERTAMA DI NBA!

BY sball

05/02/2017

LA-Streetball.com - Sekarang sih pemain kulit hitam di NBA buuaanyakkk banget. Malah olahraga basket akhirnya identik sama mereka yang berkulit hitam. Coba aja lo liat list pemain asing di liga lokal, semuanya kulit hitam!

Tapi lo tau nggak sih kapan pemain kulit hitam pertama kali ada di NBA? Dan siapa aja mereka? Nih gue ceritain asal mulanya.

Season 1950-1951 bisa dibilang awal NBA mengenal warna lain selain putih yaitu hitam. Dari pertama dibentuk tahun 1946, nggak butuh lama ternyata buat bos-bos NBA sadar kalo si hitam nih punya skill dan talent yang sinting di dunia basket. Di tahun 1950 hanya ada 4 pemain kulit hitam yang akhirnya bisa nembus dominasi si putih, lo tau siapa aja?

Yang pertama tuh ada Chuck Cooper. Ni orang bisa dibilang orang hitam pertama yang gabung sama NBA 15 April 1950 dia masuk ke dalam Draft NBA dan akhirnya Boston Celtics tertarik sama dia dan narik dia untuk masuk ke tim. 1 November di tahun tersebut juga akhirnya jadi debut buat si hitam masuk ke NBA dan jadi sejarah, saat itu lawan pertama yang harus dihadapi adalah Fort Wayne Pistons. Sempet beberapa tahun di Celtics akhirnya dia cabut ke Milwaukee Hawks dan akhirnya pensiun di Fort Wayne Pistons.

Earl Francis Llyod, bisa dibilang dia tuh orang kulit hitam pertama yang main di NBA. Karena apa? Karena emang dia pemain kulit hitam pertama yang diturunin di lapangan game, tepatnya sehari sebelum si Cooper main. Jadi Cooper mungkin dikontrak duluan, tapi Earl Francis Lloyd main duluan.

Orang yang ketiga adalah Nathaniel Clifton alias Nathan Clifton alias Nat Clifton alias the Sweetwater. Dia orang hitam ketiga yang akhirnya gabung sama New York Knicks. Tahun 57 dia sempet masuk ke All Star dan jadi pemain paling tua di sana dengan umur 34. Selama 8 tahun berkarir, avg point Nathan Cliffton adalah 10 point/game. Bukan angka yang begitu  fantastis untuk sekarang, tapi itu semua karena minute play yang masih sedikit untuk pemain-pemain ini.

Sebenernya masih ada satu nama yang sempet muncul di draft awal musim, yaitu Harold Hunter. Cuma entah kenapa namanya dicoret pas lagi training camp bareng Washington Capitols. Tapi malah akhirnya Harold Hunter lebih memilih untuk jadi pelatih.

Nah itu awal cerita para pemain kulit hitam main di NBA. Bahkan sekarang katanya mimpi anak-anak kulit hitam di Amrik yah pengen jadi pemain basket. Mungkin itu jadi salah satu cara mereka nggak dipandang rendah lagi dalam kehidupan bersosial. A lot of reading wasn’t it? Maen basket dulu yuk sekarang!

 

Photo: complex.com

SHARE
630
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...