PERJALANAN NOMOR JORDAN

BY sball

03/03/2017

 

LA-Streetball.com - Nomor 23 mungkin adalah identitas, setengah nyawa juga harga diri yang harus diperjuangkan oleh Jordan. 23 adalah keramat yang dipuja dan puji oleh rakyat pengikut raja dan sang legenda Michael Jordan. Kelekatan Jordan dengan nomor punggung 23 pun seakan masuk dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Bukan hanya di basket, di sepakbola juga sama. Ingat waktu David Beckham pindah ke Real Madrid dari MU? Dia harus mengganti nomor punggung yang lebih dulu lekat dengannya yaitu 7. Karena nomor tersebut sudah lebih dulu dipersembahkan kepada kaisar tim tersebut yaiut Raul Gonzales. Nomor 23 lah yang dipilihnya. Alasannya simple, 23 adalah nomor punggung sang pemain basket idola Beck yaitu Jordan. Idolanya tersebut mampu menjadi sejarah dan menjadi sumber mata air bagi sejarah Bulls dan NBA.

Tapi mungkin lo juga tau! Kalau ada nomor lain yang pernah menghiasi punggungnya. 45 adalah pilihan Jordan saat kembali ke NBA di tahun 1995. Nomor itu dipilih sebagai tanda ia memulai lagi karir basketnya dari awal, layaknya semasa ia baru memulai karir basketnya di kala sekolah, nomor 45 lah yang tertera di pundaknya. Nggak lama memang! 22 pertandingan ia lalui dengan menggunakan nomor 45 hingga akhirnya di game ke 23, saatnya dia kembali lagi menjadi Jordan yang sesungguhnya dengan menggunakan nomor punggung 23 kembali. Hingga akhirnya nomor itu menjadi roh di tiap permaianannya hingga kepenghujung langkahnya.

Buat gue Jordan adalah seniman. Nggak cuma dia berkarya lewat permainannya tapi juga jalan karirnyapun ia torehkan dengan sangat filosofis. Setiap hal yang ia lakukan adalah catatan sejarah yang membukakan mata kita, akan sebuah dedikasi dan kecintaan dia sama basket.

Meskipun ternyata nggak semuanya tuh ia lalui dengan pemikiran yang mendalam dan filosofis. Di sela karirnya Jordan pernah menggunakan nomor punggung 12. Kenapa begitu? Alasannya agak konyol, beberapa saat sebelum pertandingan, jersey Jordan dengan nomor punggung 23 hilang. Nggak tau kenapa, kemana dan pokoknya hilang!

Security turun tangan, semua pihak yang bertanggung jawab mencoba mencari, tapi mereka tidak bisa menemukan kemana jersey dengan nomor punggung 23 tersebut.

Detail cerita dimulai. Di hari valentine 1990, Bulls harus bertanding melawan Orlando Magic. Ini saat yang sulit buat Bulls. Mereka mengalami hasil buruk di 6 pertandingan terakhir. So yang jadi target malam itu cuma fokus menangin pertandingan. Apa yang terjadi? Seorang Jordan malah harus pusing ngurusin jerseynya yang hilang.

Setelah semua pihak berusaha mencari. Mereka tetap nggak bisa menemukan keberadaan jersey 23. Tim official Bulls berusaha cari solusi dengan mencari fans yang menggunakan jersey Jordan. Hasil pinjeman ditemukan tapi nggak pas di badan Jordan. Sampai akhirnya tim official Bulls menemukan jersey cadangan dengan nomor punggung 12 tanpa nama.

Waktu semakin dekat sama tip-off. Mau nggak mau masalah harus diselesaikan segera dan mau nggak mau Jordan harus menggunakan jersey tersebut. Apa hasilnya untuk pertama dan terakhir Jordan menggunakan jersey nomor 12 tanpa tulisan JORDAN di pundaknya. Bulls emang nggak menang, tapi malam itu Jordan berhasil mencetak 49 point  dan 7 rebound, EDAN!

Kelar pertandingan Jordan marah! Jelas dan pantas menurut gue. Nggak selayaknya dia harus ngalamin peristiwa sepele jersey hilang. Yang mungkin sedikit banyak Jordan berpikir ngerusak konsentrasi tim sebelum pertandingan.

Entah ada hubungannya atau nggak! Setelah kejadian itu, Bulls berhasil mencetak 9 kemenangan nggak kesentuh. Dan di pertandingan berikut melawan Magic di kandanga Bulls, Jordan menggunakan nomor punggung aslinya 23 namun hanya mampu mencetak 38 point. Dan semenjak malam itu that un-iconic number 12 jersey nggak pernah keliatan lagi di lapangan!

SHARE
SHARE:
976
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...