SKANDAL KORUPSI BASKET DI AMERIKA

BY sball

06/11/2017

 

LA-Streetball.com - Dunia basket Amerika terutama di level mahasiwa belakangan sedang heboh dengan adanya skandal korupsi terbesar dalam sejarah perbasketan Amerika.  Berawal dari laporan Southern District of New York, melaporkan adanya permainan uang yang sangat besar yang melibatkan banyak pihak di NCAA, baik dari pelatih, sport agent, sampai ke pihak sponsor.

Beberapa pelatih dicurigai mendapatkan cash payment dari sebuah sport apparel asal German, seperti assistant coach dari University of Arizona, Auburn University, Oklahoma State dan University of Southern California.

Liga olahraga mahasiswa di Amerika dinilai mencapai angka yang gila, yaitu $11 juta dengan terbagi ke dua olahraga utama yaitu American football dan Basket. Tentu angka tersebut bukanlah jumlah yang kecil. Buat beberapa orang yang “pandai” tentunya bisa melihat hal tersebut sebagai sumber uang bagi dirinya, dengan korupsi sebagai jalannya. 

Banyak yang bilang kalo peristiwiwa ini mengingatkan pada kejadian Soviet Union. Yaitu kejahatan yang terkordinir dengan baik hingga menciptakan pasar gelap. Yang sangat ditakutkan dari hal seperti ini adalah adanya perdagangan manusia dan juga perjudian.

Kejadian ini tentunya bukan lah hal baik, apalagi terjadi di liga mahasiswa. Di mana menjadi tempat para pemain muda ditempa menjadi bintang masa depan. Cerita lama seperti egoisme dan keserakahan pemainnya kembali mengancam perkembangan para pemain muda tersebut.

Kejadian ini seolah seperti bom waktu yang terjadi di NCAA, setelah kasus University of North Carolina kini pun borok-borok liga mahasiswa tersebut mulai bermunculan. Selama ini mungkin sorotan tidak banyak tertuju pada liga yang ternyata memiliki perputaran uang tidak kalah dengan NBA.

Beberapa apparel masuk ke liga untuk mencari pemain yang layak menjadi the next Michael Jordan di mana bisa menghire pemain tersebut sebelum harganya melambung. Namun alhasil justru berujung pada kecurigaan eksploitasi. Banyak pemain yang harus berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya dipaksa untuk terus menunjukan kemampuannya tanpa bayaran. Karena uangnya tak sampai pada mereka. Tindakan sudah dilakukan oleh pihak berwajib. Semoga drama ini cepat selesai dan tidak menjadikan pemain sebagai korban lagi.

 

SHARE
273
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...