THE END OF TRIANGLE OFFENSE

BY sball

14/02/2017

 

LA-Streetball.com - Ballers, kalo kita balik ke tahun 90’an lo pasti bakal setuju sama gue, when it comes to the most successful team in 90’s adalah Chicago Bulls, kenapa? Bulls Berhasil meraih 6 gelar NBA dan membawa pemain-pemain mereka menjadi bintang. Banyak yang bilang kalo alasan mereka jadi penguasa tahun 90an adalah Michael Jordan, nggak salah sih tapi kalo menurut gue masih ada faktor lain yang juga nggak kalah penting dan menurut gue alasan gue ini cukup ada buktinya. Mau tau? Nih gue kasih tau!

Lo mungkin udah tau kalau Bulls dulu terkenal banget sama strategi triangle offense-nya, Phil Jackson meletakan Pippen di depan dan Jordan bermain di posisi forward, strategi ini selalu jadi mesin point buat Bulls dan hal yang sama dilakukan Master Zen saat melatih Lamar Odom dan Kobe Bryant di Lakers dan hasilnya 5 NBA Championship didapat, kebuktikan kalo emang strategy triangle offense ini efektif banget.

Tapi kalo emang strategi ini beneran bagus kenapa nggak dipake aja sama tim lain? Toh buktinya udah jelas 11 cincin NBA udah ada di tangan Phil Jackson a.k.a Master Zen. Tapi masalahnya emang nggak segampang itu, alias nggak segampang itu strategi ini bisa diterapin, literally. Strategi ini dinilai kompleks banget dan menuntut tingkat intelegensi  yang tinggi dari setiap pemain.

Tapi buat Phill Jackson triangle offense tuh simple dan sederhana banget. Menurut Phil, lo cuma butuh energy yang cukup untuk bisa naik dan turun lapangan, karena ini adalah 94-foot offense, dengan tempo 4/4 kayak musik rap, yah penjelasan ini emang cuma bisa dimengerti sama Jackson sendiri. Karena terang-terang pemain sekelas dan se-senior Gary Payton yang sempet menjadi anak asuh dari Phil Jackson di Lakers aja bilang kalo triangle offense tuh super-duper ribet buat dia, karena semuanya harus sesuai dengan skema dan pola yang ada, lo nggak bisa bebas ikutin naluri lo untuk backdoor kah atau skip-pass pas ngeliat temen lo kosong.  Buat Payton, Jordan dan Bryant adalah superhuman dan pemain yang punya tingkat intelegensi yang tinggi karena bisa mengikuti strategi ini dengan benar dan sempurna.

Mungkin terdengar nggak adil kalo dibilang triangle offense tercipta cuma untuk Phil, karena itu bisa bikin pelatih-pelatih lain di NBA jadi iri. Tapi terlepas dari itu, memang cuma dia yang bisa nerapin pola triangle offense dan membuatnya menjadi variative dan dia juga udah berhasil kasih banyak banget pengaruh terhadap perjalanan NBA. Mungkin Phil Jackson nggak akan diingat sebagai pelatih yang bisa jalanin triangle offense, tapi justru dia akan diingat sebagai satu-satunya pelatih yang bisa menerapkan triangle offense secara sempurna.

Lo mau tau gimana sih sistem triangle offense ini bekerja. Tungguin aja ballers, makanya cek terus lastreetball.com setiap hari. Biar lo nggak ketinggalan pembahasannya!

SHARE
610
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...