THE KING OF STREETBALL SNEAKERS

BY sball

09/03/2017

 

LA-Streetball.com - Ditiap masanya ternyata ballers punya sneakers favorit yang biasa digunain mereka untuk main basket, terutama streetball. Sepatu-sepatu ini jadi raja alasannya bukan hanya karena designnya yang bagus, tapi ada juga karena emang sepatu ini lebih cocok dipake saat outdoor dan beberapa negara kayak di Asia lebih banyak memungkinkan ballersnya untuk main di outdoor. Sekarang kita bahas sepatu-sepatu streetball dari masa ke masa yuk!

2000an

Di masa tahun 2000an keatas ada beberapa jenis sepatu yang jadi favorit para streetballers kayak Air Jordan 2010 outdoor, Air Jordan Alpha 1 outdoor, Nike Zoom Kobe Venomenon, Nike Zoom Soldier, Nike Lebron Ambassador, Nike Zoom Hyperfuse, Nike Zoom Hyperenforcer XDR, Adidas AdiZero Crazy Light, Adidas AdiZero Rose, dan Adidas AdiZero Rose 2.

Kenapa sepatu-sepatu itu dipilih sama konsumen alasannya sangat simple dan masuk akal. Rata-rata desain sepatut-sepatu tadi multi-purpose baik untuk indoor ataupun outdoor jadi dari segi efisiensi jelas itu sangat-sangat membantu. Dan berikutnya sepatu-sepatu tadi tahan lama alias awet. Mungkin itu yang jadi salah satu alasan utama bagi para streetballers mengenal kebiasaan kita yang main di lapangan yang keras dan suhu yang beragam.

Di tahun 2000an awal ada jenis-jenis sneakers lain yang jadi favorit seperti Nike Battlegrounds Flightposite III, Nike Battlegrounds Air Max Elite, AND1 Skip To My Lou, Reebok Blacktop Armadillo, adidas ADAN, adidas ADAN II, Nike Zoom Soldier (I-III), Air Jordan Esterno

Di era ini mungkin AND1 lumayan jadi raja karena emang nggak banyak brand besar yang mendesain sepatu khusus streetballers. Mungkin hanya sepatu-sepatu Lebron dan Carmelo Anthony yang masih asik buat lo pake di hardwood. Reebok sempet bikin Blacktop series yang sempet mengendorse Steve Francis dan Baron Davis tapi toh itu masih belum menjawab future footware untuk streetball kedepannya bakal gimana.

90an

Di tahun 90an yang jadi andalan streetballers adalah adidas Streetball (1,2,3), adidas Ratball, AND1 Stephon Marbury, Nike Air Raid, Nike NDestrukt, Nike Air Shake Ndestrukt, Nike Air Rattle Ndestrukt, Nike Air Roll Ndestrukt, Reebok Blacktop Pump Battleground, Reebok Blacktop Boulevard, Reebok Question.

Di tahun ini pabrikan sepatu kayaknya lagi kenceng ngeluarin sepatu-sepatu buat main di outdoor. Tahun 92 Nike ngeluncuri Air Raid dan Reebok dengan Blacktopnya lebih dulu di tahun 91. Kemudian Nike mengeluarkan line streetball mereka yang bernama NDESTRUKT. Converse pun nggak mau kalah dengan mengeluarkan Chuck Taylor andalan mereka dengan menggunakan Larry Johnson sebagai duta mereka. Andalan Converse di pasar saat itu adalah dengan dual-purpose sepatu mereka alias bisa indoor atau outdoor alias ngebanci.

80an

Sepatu-sepatu yang beredar di masa ini adalah  Nike Legend, Nike Air Force 1, Nike Terminator, Nike Dunk, Nike Air Jordan, Nike Delta Force, Converse Pro Leather, Converse Pro Star, Converse Weapon, Puma Sky, adidas Pro Model, adidas Superstar, adidas Forum, adidas Rivalry, adidas Pro Conference, adidas Rivalry, adidas Attitude, adidas Conductor.

Era 80an adalah masa di mana sepatu basket mulai bertemu dengan teknologi-teknologi yang belum pernah dipake sebelumnya. Akibatnya apa? Harga sepatunya mahal. Nike Airfoce 1 jadi pilihana favorit karena memiliki sole yang tebal sehingga dirasa lebih awet buat lo mainin di court yang keras.

Cuma sayangnya Airforce 1 dirasa masih terlalu berat untuk dipake, sehingga seiring berjalannya waktu, perubahan sepatu di era ini mengarah ke jenis sepatu yang lebih ringan tapi tahan lama.

70an

Sepatu yang dipake justru agak beda nih ballers tipenya, sneakers yang banyak dipake adalah PRO-Keds 69er, Puma Clyde, Puma Basket, Converse Pro Leather, adidas Pro Model, adidas Superstar, adidas Jabbar, Nike Blazer, Nike Bruin, PRO-Keds Shotmaker.

Sebenernya di era ini yah masih belom jelas arahnya. Sepatu yang kayak apa sih yang dibutuhin streetball? Alhasil sepatu jenis canvas kayak Puma Clyde, Chuck Taylor atau 69er masih banyak dipake.  Tapi masa itu nggak berlangsung lama karena memasuki tahun 80, seperti gue bilang tadi trendnya berubah di mana sepatu basket mulai ketemu sama yang namanya teknologi.

Nah itu tadi obrolan singkat soal sepatu-sepatu yang jadi favorit buat para streetballers dari masa-kemasa. Favorit lo ada di situ?

SHARE
571
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...