UNDERHAND FREE THROWS

BY sball

20/02/2017

 

LA-Streetball.com - Masih inget free thrownya Chinanu Onuaku? Dia tak dinyana dan tak diduga melempar bola dengan menggunakan teknik “Underhand”. Membuat semua penonton kaget. Teknik ini sering disebut “granny style” karena memang lucu dan kaku seperti nenek-nenek yang disuruh main basket.

Buat lo yang ketinggalan, ini dia cuplikannya: https://www.youtube.com/watch?v=6SOzkaxPRgQ

Trik ini emang akhirnya selalu jadi bahan ledekan, tapi toh Onuaku bisa meng-convert itu jadi 2 poin. Buat lo yang masih belom kenal-kenal amat sama Onuaku, dia itu rookie dari University of Louisville. Semasa bermain di kampus, Onuaku mendapatkan statistik 47% berhasil memasukkan free throw dengan teknik ini di tahun pertamanya, dan meningkat menjadi 59% di tahun keduanya. Keren kan? Jago ballers ternyata!

Teknik ini dulu dipopulerkan sama Rick Barry. Barry adalah pemain NBA (dan masuk di Hall of Fame) di tahun 60 sampai 70an dan selama karirnya dia memasukkan 89% free throw dengan menggunakan teknik “underhand” ini. Setelah era Rick Barry, belum pernah ada pemain yang menggunakan teknik ini lagi hingga sekarang Onuaku.

Ketika dihubungi oleh The Chicago Tribune, Barry merasa kagum karena ada pemain NBA yang kembali membawa teknik ini. Tapi sayangnya, lanjut Barry, masih banyak kekurangan dari teknik Onuaku.

Selain Onuaku, ada pemain Universitas dari tim Floridagators yang juga menggunakan teknik ini. Namanya Canyon Barry, yang sudah bisa ditebak, adalah anak dari si empunya gaya, Rick Barry. Di tahun pertama bersama Floridagators, Canyon Barry berhasil memasukkan 89,2% free throw dengan underhand! Ketika ditanya, Canyon Barry, tau gaya ini bakal mengundang ejekan atau kontroversi. Ga jarang ketika dia gagal memasukkan bola, ada yang teriak “You’re Adopted!”.

Onuaku sendiri enggak malu buat menembak pake cara ini walaupun dia tau kalau bakal banyak orang yang mengejek. Onuaku yakin semua akan membaik.

Yep buat lo yang pernah liat atau coba, pasti ngerasa cemen atau culun banget ketika ngambil free throw dengan cara yang seperti ini. Tapi kenyataannya sebenarnya teknik ini punya akurasi yang lebih tepat kalau sudah dikuasai. Mau coba ga bro?

 

Photo: nba.com

SHARE
411
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...