Uus Stand Up Comedian Ternyata Seorang Dunker, Lho!

BY sball

21/08/2015

LA Streetball | Uus Stand Up Comedian
LA-Streetball.com - Di atas panggung, Rizky Firdaus Wijaksana atau yang lebih dikenal dengan nama Uus adalah sosok lucu yang mampu mengundang gelak tawa para penonton dengan aksi komedi "one man show"nya. Namun, siapa sangka dibalik kekocakannya, ternyata stand up comedian asal Bandung ini menyimpan bakat besar sebagai streetballer? Tidak banyak yang tahu memang, jika Uus adalah seorang dunker dan ia pernah beberapa kali mengikuti ajang LA Streetball.

Tahun 2008 adalah tahun pertamanya bersama 9PM mengikuti kompetisi LA Streetball. Lalu, dengan memperkuat tim yang sama, ia pernah mengikuti city selection di Depok pada tahun 2009. Kemudian pada tahun 2010 ia memutuskan vakum untuk alasan tertentu. Namun, setahun setelahnya ia kembali ikut Open Run di Bandung. Pada saat itu, ia bertemu dengan legenda basket nasional, Ali Budimansyah, yang juga merupakan judge LA Streetball. Ali sempat berkata pada Uus, jika ia mampu melakukan dunk dua kali lagi, maka ia akan terpilih masuk ke City Selection Bandung. Namun sayangnya, ia tidak berhasil memenuhi hal tersebut.

Kendati demikian, hal tersebut tidak membuat Uus memutuskan berhenti berkarir di dunia basket. Kemampuannya dalam public speaking dan tentunya juga melawak, menjadikannya MC langganan event LA Campus League di Bandung, dari tahun 2010 hingga 2013. Sempat suatu kali ia juga dipercaya menjadi MC LA Streetball menggantikan MC Que yang berhalangan hadir. Berbeda dengan Que, Uus meramaikan pertandingan LA Streetball dengan pembawaan yang lebih lucu dan heboh.

Khusus LA Streetball, Uus memiliki pandangannya tersendiri terhadap kompetisi ini. Sebagai kompetisi streetball terbesar dan satu-satunya di Indonesia, LA Streetball sudah menjadi budaya tersendiri. "Di Indonesia, loe tidak selalu bisa melihat pemain yang melakukan dunk dengan style maupun pemain ngetrick cepat yang bisa membuat pemain lawan kelabakan. Nah, dengan adanya LA Streetball, hal-hal seperti itu sudah menjadi culture. Yes, LA Streetball itu sudah menjadi culture bagi para ballers di Indonesia!"

Kini di tengah kesibukannya sebagai seorang entertainer, Uus tetap menyisihkan waktu luangnya untuk bermain basket. Di Bandung, ia masih sering bermain basket di GOR Saparua dan GOR BJB, di tengah maupun akhir pekan. Uus yang kenal secara personal dengan Rico AKA Haleluya ini, juga kerap berlatih tanding dengan All Star Nasional 2014 seperti Ican AKA Lil Mighty, Reza Arfah AKA Lil Bastard, dan juga Andi Gau AKA Shut Down.

Dari tipikal permainannya, Uus mengaku bahwa dirinya merupakan seorang dunker konvensional yang hanya bisa melakukan variasi dunk, tetapi tidak bisa melakukan trik-trik sulit layaknya para handler. Ia menyebut nama Iqbal AKA Uptown Boy sebagai pemain yang memiliki kemiripan gaya bermain dengannya.

Pada akhirnya, Uus pun masih bermimpi bahwa suatu saat ia bisa kembali beraksi di lapangan, karena baginya menjadi pemain basket itu merupakan ego terbesarnya. Namun, ia cenderung memilih menjadi streetballer ketimbang menjadi pemain bola basket konvensional, lantaran ia bukanlah orang yang mudah diatur-atur dalam sebuah sistem. Well, ditunggu deh, Uus, aksi loe di ajang streetball ke depannya! You owe all of us your dunk. The massive one like you showed us on this video below! (RAI)




Baca juga: Apakah Eks All Star Ini Masih Bisa Nge-dunk?
                The Untold Story of Rico Spinboy

SHARE
15074
READ
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...