Waktu Mepet, Coach Albud Kejar Tim untuk Fitness

BY adminnews

28/09/2016

Waktu Mepet, Coach Albud Kejar Tim untuk Fitness

LA-Streetball.com
– Dengan waktu persiapan kurang dari satu bulan, coaching team Challenge The World (CTW) 2016 putar otak untuk menyusun program latihan tim. Masalah fisik jadi fokus utama para coach karena peserta Training Camp CTW 2016 jarang latihan di masa jeda. Bahkan, sebelum tim break latihan kurang lebih sebulan yang lalu, coach Ali Budimansyah sempet ngingetin anak asuhnya untuk tetap jaga kondisi fisiknya. “Hari terakhir saya kasih tahu mereka, ‘Kita dipulangin dulu nih sebulan, tapi gua minta kalian jaga kondisi. At least seminggu tiga kali lah latihan. Lari lah, apa lah’,” kata coach yang akrab disapa Albud itu.

Dengan pesannya itu, coach Albud ngaku nggak terlalu khawatir dengan kondisi fisik anak asuhnya. “Saya sih nggak terlalu worry ya. Maksudnya, mereka tahu apa yang saya mau. Yang saya worry tinggal fisik aja sih. Gimana caranya saya mengembalikan fisik mereka kayak kemarin. Tapi saya nggak akan bisa balikin 100% sama kayak kemarin. Dari 80 ke 90 (persen), itu yang saya bisa. Kalo misalnya saya paksain kasian mereka karena kan waktunya cuma sebulan. Saya lebih porsikan ke skill dan teknik,” kata coach Albud ngejelasin targetnya.

Waktu Mepet, Coach Albud Kejar Tim untuk Fitness


Selain sisi fisik dan skill, coach Albud juga bertekad untuk meningkatkan tingkat kebugaran pemain basket terpilih berlaga di Hong Kong itu. “Saya akan kejar fitness karena nge-gym itu penting banget buat badan, muscle mereka. Stamina mereka yang pasti turun ya. Makanya kan saya bikin program tuh teknik, fisik, teknik, fisik. Nah, fisiknya itu lebih banyak di gym, tekniknya di lapangan. Tapi teknik basketball-nya sama fisik sebenernya secara nggak langsung tuh di lapangan udah jadi satu. Semua programnya The Professor sama coach Matt juga tetep saya pake,” lanjut coach Albud.

Waktu Mepet, Coach Albud Kejar Tim untuk Fitness


Sayangnya, masalah fisik bukan satu-satunya masalah yang dihadapi coaching team untuk peserta Training Camp CTW 2016. Tidak adanya pertemuan tim dalam waktu yang lama menyebabkan hilangnya chemistry di antara para pemain basket streetball itu. Untuk mengatasi masalah ini, coaching team CTW 2016 ngerencanain beberapa latih tanding atau sparring, salah satunya melawan tim Perbanas. Setelah pertandingan, coach Albud menekankan bahwa pertandingan uji coba itu bukan berfokus pada hasil.

Sebenernya sih inti sparring pada siang ini tuh bukan cari menang cari kalah, (tapi) mencari chemistry lagi anak-anak yang kemarin udah satu setengah bulan nggak latihan. Intinya sih mencari chemistry lagi sama latihan fisik aja karena kan lari-lari itu bagian dari fisik juga,” tutup coach Albud.



Photo: Redaksi LA Streetball













 

Baca juga:

Nicky-Nicko dan CTW 2016 di Hong Kong

Coach JKO: Fokus!

SHARE
SHARE:
863
READ
X
WEBSITE INI HANYA DIPERUNTUKKAN BAGI ANDA YANG SUDAH BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS

Loading...